Bupati Aceh Singkil: Pengurus PMI Jangan Hanya Ngomong Doang, Tapi Tunjukkan Kinerja

ACEHTREND.COM, Singkil— “Pengurus Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Aceh Singkil, jangan hanya ngomong doang. Tapi tunjukkan kinerja kepada masyarakat. Pengurus PMI itu bekerja di bidang sosial dan kemanusian. Karena itu, pengurus PMI harus bekerja profesional, rela, dan ikhlas berkorban. Jika itu dilakukan dengan sungguh-sungguh dan penuh keikhlasan, Insya Allah akan bernilai ibadah di sisi Allah Swt.”

Penegasan tersebut di sampaikan Bupati Aceh Singkil, Dulmusrid, dalam acara pelantikan Pengurus PMI Kabupaten Aceh Singkil masa bakti 2020-2025 di Ruang Utama Pendopo Bupati Aceh Singkil, Jumat (7/2/2020).

Dulmusrid menambahkan, menjadi pengurus organisasi PMI bukan pekerjaan mudah. Ia bekerja menanggulangi bencana, orang yang terkena musibah, menghimpun, meyakinkan, dan menggerakkan orang lain agar mau mendonorkan darah, serta mengatasi persoalan-persoalan kesehatan dan sosial lainnya.

Karena itu, dalam menjalankan tugas-tugas kemanusiaan ini bupati mengimbau agar pengurus PMI Aceh Singkil selalu berkoordinasi dengan bupati, dinas, dan instansi terkait serta pengurus lainnya sehingga pekerjaan berat menjadi ringan. Jika ada kendala bisa diatasi dengan cepat.

Bupati Aceh Singkil Dul Musrid juga menyinggung tentang potensi bencana yang acap kali terjadi di Aceh Singkil, seperti banjir, tanah longsor, kebakaran hutan, dan lain-lain.

PMI Aceh Singkil harus berperan mengedukasi dan memberikan penjelasan kepada masyarakat tentang pentingnya mitigasi bencana.

“Bahkan pada saat telah terjadi bencana dan jatuh korban, PMI harus melakukan evakuasi dan ikut menanggulanginya,” tutur Dulmusrid.

Pelantikan Pengurus PMI Kabupaten Aceh Singkil masa bakti 2020-2025 dilakukan oleh Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Provinsi Aceh, Teuku Alaidinsyah.

Menurut Teuku Alaidinsyah, pengurus PMI Aceh Singkil yang dilantik ini merupakan hasil Musyawarah Daerah (Musda) beberapa waktu lalu.

Setelah dilantik, Teuku Alaidinsyah berharap agar pengurus PMI Kabupaten Aceh Singkil bisa membantu pemerintah. Membantu dalam hal kebencanaan, donor darah, sosial, serta kesehatan.

Pelantikan yang berlangsung khidmat, selain disaksikan oleh Bupati Aceh Singkil, Dulmusrid, Pimpinan dan anggota DPRK, Setdakab Drs. Azmi, dan sejumlah anggota Forkopimda, juga dihadiri Para Kepala SKPK, Camat, Para Kabag, dan beberapa orang tokoh masyarakat.

Sebelum pelantikan Pengurus PMI Aceh Singkil Masa Bakti 2020–2025, paginya dilakukan pembekalan dan orientasi oleh tim PMI Propinsi Aceh di Aula Bappeda Aceh Singkil.

Tujuan pembekalan dan orientasi itu, sebagaimana disampaikan Ketua PMI Kabupaten Aceh Singkil terpilih Zainal Abidin Ketaren kepada aceHTrend, Jumat (7/2) untuk meningkatkan kapasitas pengurus dalam bidang kepalangmerahan.

Selain itu juga, memperkenalkan organisasi Palang Merah Indonesia kepada pengurus baru dan memupuk rasa persaudaraan antara pengurus.

“Orientasi ini merupakan tahap awal bagi pengurus PMI Kabupaten Aceh Singkil yang baru terpilih. Mudah-mudahan akan ada orientasi dan pelatihan-pelatihan lain tentang kepalangmerahan,” ucap Zainal Abidin.[]

Editor : Ihan Nurdin

KOMENTAR FACEBOOK