Dara Aceh Ini Suarakan Hak-hak Disabilitas di Panggung Internasional

Qanita Putri Imara @ist

ACEHTREND.COM, Banda Aceh – Qanita Putri Imara, alumni Pendidikan Bahasa Inggris Bina Bangsa Getsempena yang juga anggota Natural Aceh menjadi perwakilan Indonesia pada acara Disability Conveining Asia di Kolombo, Sri Lanka pada 6-9 Februari 2020 baru-baru ini.

Qanita merupakan anggota dari Divisi Disabilitas dan Perempuan Muda (FKM BKA YWU) yang mempresentasikan program dan aktivitas yang telah dilakukannya. Divisi ini telah melakukan sosialisasi, pelatihan, kampanye, aksi, dan simulasi dan pendampingan bagi 870 penyandang disabilitas di 11 kabupaten/kota di Aceh, Qanita sendiri terlibat di beberapa daerah yaitu, Aceh Barat, Aceh Selatan, Banda Aceh, dan Sabang.

“Mereka mengapresiasi pekerjaan dan program kami di mana kami berfokus pada pengembangan sumber daya komunitas disabilitas dalam menghadapi bencana, sebagai kelompok rentan dan paling berdampak ketika bencana, menjadikan mereka subjek adalah penghargaan dan kekuatan yang penting dalam mencapai hak-hak mereka sebagai manusia,” ujar Qanita kepada aceHTrend melalui keterangan tertulis, Selasa (11/2/2020).

Qanita juga menyampaikan terima kasih kepada Natural Aceh dan kampus BBG. Natural Aceh menurutnya telah memberi kesempatan dan ruang bagi dirinya dalam mengasah potensi, membangun kerja sama, dan beraktivitas di forum-forum internasional.

“Sementara BBG telah membentuk karakter dan meningkatkan keterampilan saya, terutama dalam berkomunikasi dengan bahasa Inggris sehingga saya bisa tampil sukses di forum dunia,” kata Qanita.

Ketua STKIP BBG Dr. Lili Kasmini, M.Si menyampaikan apresiasi kepada Qanita yang telah tampil dengan baik di forum internasional. Ini bukanlah yang pertama. Sebelumnya kata dia, juga ada Risna Erita yang mempresentasikan tentang Lingkungan dan Ekonomi Hijau di Kuala Lumpur, Malaysia pada Januari lalu.

Hal ini membuktikan bahwa kiprah alumni BBG di kancah internasional memang tidak perlu diragukan lagi. Artinya, kampus STKIP BBG sudah mewujudkan visinya yakni mampu berdaya saing tingkat Asia Tenggara.

“Selamat kepada Qanita Putri Imara. Kalian termasuk alumni yang sukses. Ini tentu saja berkat peran para dosen yang telah membina dengan baik. Ini menjadi motivasi bagi alumni yang lain untuk terus berusaha memberikan yang terbaik. Peran alumni sangat besar dalam pengembangan kampus. Alumni BBG yang tersebar di Indonesia dan beberapa negara adalah perpanjangan dari kampus sehingga bendera BBG bisa berkibar d imana-mana,” pungkasnya.

Sementara itu, Ketua Prodi Pendidikan Bahasa Inggris STKIP BBG Sri Wahyuni, M.Pd, menyampaikan selamat kepada Qanita Putri. Ia berharap semoga ke depan akan banyak mahasiswa dan alumni yang menharumkan PBI BBG di kancah internasional.  

“Untuk sebuah pencapaian dibutuhkan usaha dan pengorbanan yang lebih. Alhamdulillah dapat dibuktikan oleh ananda kita Qanita. Semoga program-program selanjutnya lebih ditingkatkan lagi dan dapat mengukir prestasi di kancah internasional. Kami ucapkan juga terima kasih kepada Natural Aceh yang sudah banyak membimbing mereka,” pungkasnya.[]

Editor : Ihan Nurdin

KOMENTAR FACEBOOK