Formapp Aceh Selatan Tolak Proposal Perdamaian Ala Donald Trump


ACEHTREND.COM, Tapaktuan – Sejumlah ormas dan komunitas yang tergabung dalam Forum Masyarakat Aceh Peduli Palestina (Formapp) menggelar aksi damai menolak proposal perdamaian yang ditawarkan Presiden Amerika Serikat Donald Trump untuk menyelesaikan konflik Palestina-Israel. Aksi tersebut dilakukan di Bundaran Simpang Cerana Tapaktuan, Kabupaten Aceh Selatan, Selasa (11/2/2020).

Koordinator Lapangan, Irvan Syaputra mengatakan, aksi damai yang dilakukan pihaknya merupakan bentuk kepedulian dan keprihatinan terhadap rakyat Palestina. Menurutnya, Israel dan Amerika Serikat membuat perjanjian yang merugikan Palestina.

“Kami prihatin dengan situasi di Palestina sehingga kami turun ke jalan untuk menolak keras perjanjian perdamaian yang dibuat Donald Trump,” ungkapnya.

Irvan menambahkan, dari lima poin yang ditawarkan Trump, semuanya sangat menguntungkan Zionis Israel. Sementara rakyat Palestina sangat dirugikan.

“Kami menginginkan rakyat Palestina merdeka seutuhnya tanpa campur tangan dan aturan yang dibuat Amerika Serikat,” katanya.

Hal senada juga dikatakan Ketua Masyarakat Relawan Indonesia (MRI) Aceh Selatan, Indra Mudaris, dalam orasinya, ia menolak keras tindakan yang dilakukan Donald trump yang telah membuat proposal damai “Deal of the Century”.

“Proposal damai  yang dibuat Donald Trump bersama Zionis Israel jelas sangat merugikan Palestina, karena dari lima poin perjanjian dibuat Donald Trump, satu di antaranya Al-Quds menjadi ibu kota Israel. Ini jelas jelas sangat tidak adil bagi Palestina,” ujarnya.

Selanjutnya perbatasan Palestina akan dikontrol penuh oleh zionis. Pengungsi Palestina tidak boleh memasuki wilayah tertentu. Tanah milik rakyat Palestina yang sudah diduduki zionis tidak boleh diambil kembali. Terakhir, Palestina tidak boleh memiliki tentara.

Oleh karena itu mereka mengajak masyarakat untuk ikut mendukung perjuangan rakyat Palestina, baik melalui dukungan materi maupun doa.

“Palestina adalah negeri tempat lahirnya para nabi. Kiblat pertama umat Islam. Kota suci ketiga umat muslim seluruh dunia. Tempat Isra’ Mikraj Nabi Muhammad, maka jangan biarkan Palestina berjuang sendiri,” paparnya.

Saat ini kata Indra, rakyat Palestina sangat membutuhkan bantuan dari negara-negara Islam khususnya. Oleh karena itu dirinya mengajak agar masyarakat ikut membantu dalam meringankan beban rakyat Palestina.

“Bagi yang ingin menyalurkan kepeduliannya dapat melalui melalui Bank Aceh Syariah 010 0193 000 9205, BNI Syariah 66 00011 008, atas nama Aksi Cepat Tanggap dan tautan bit.ly/LetsACTHumanity_. Konfirmasi pengiriman donasi dapat menghubungi WhatsApp 082283269008,” harapnya.[]

Editor : Ihan Nurdin