MS. Artania Akan Berlabuh ke Sabang, Besok BPKS Gelar Rapat

MS Artania. [seascanner.com]

ACETREND.Com,Sabang- Terkait akan kembalinya kapal pesiar (cruise) MS. Artania di Pulau Sabang, pihak BPKS, akan menggelar rapat pada Kamis (13/2/2020). Pihak keagenan kapal tersebut yaitu PT Sea Asih Lines, sudah mengirimkan surat pemberitahuan berlabuhnya kapal yang mengangkut 1.200 penumpang dan 502 kru kapal.

Deputi Komersil & Investasi BPKS, Agus Salim, melalui Kepala Humas BPKS Muhammad Rizal, Rabu (12/2/2020) kepada aceHTrend mengatakan pihak BPKS akan terlebih dahulu menggelar rapat dengan stakeholder terkait, perihal apakah pihalnya akan mengizinkan atau menunda berlabuhnya Artania di Sabang. Sebelumnya kapal tersebut sudah beberapa kali bersandar di Sabang. Hanya saja karena kasus virus corona yang sedang melanda beberapa negara di dunia, membuat pihak BPKS harus hati-hati.

“Diperbolehkan MS Artania bersandar atau tidak boleh bersandar, akan diputuskan besok. Ini perihal keamanan sekaligus antisipasi karena wabah corona. Sebelum menuju Sabang, cruise Artania berlabuh di Colombo,” ujar Muhammad Rizal.


Rizal juga menjelaskan, seluruh penumpang MS. Artania berasal 16 negara di Eropa. Warga Jerman merupakan penumpang paling banyak yaitu 868 orang.
Selebihnya dari Swiss, South Africa, Belanda, Norwegia dan negara Eropa lainnya.

“Ms. Arthania sudah singgah ke Sabang setiap tahunnya. Namun terkait dengan isu virus corona yang luar biasa penyebarannya (outbreak) maka kita akan rapatkan dengan semua stake holder di Sabang khususnya CIQP tgl 13/2 atau 3 hari sebelum kedatangan,” ujar Rizal mengulang pernyataan Agus Salim di depan tim BPKS dan kepala Pelabuhan Sabang dan timnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, MS Arthania kembali [akan] singgah di Dermaga BPKS pada awal tahun 2020, tepatnya, Minggu, 16 Februari, pukul 6:00 WIB.

Kapal berbendera Bahamas dengan bobot 44.697 GT sebelum ke Sabang singgah di Colombo dan baru menuju ke Sabang selama 11 jam. Setelah di Sabang, Artania akan melanjutkan pelayaran ke Langkawi, Malaysia. MS.Artania dinakhodai Capt. Wojciech Ziolkowski. []