Temui Dewan, Warga Padang Gelumpang Abdya Laporkan Sikap Geuchik yang Tidak Transparan

ACEHTREND.COM, Blangpidie – Sejumlah delegasi masyarakat Gampong Padang Gelumpang, Kecamatan Jeumpa, Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) mendatangi kantor Dewan Perwakilan Rakyat Kabupaten (DPRK) Abdya terkait dugaan tidak transparannya geuchik gampong tersebut dalam mengelola Dana Desa.

Kedatangan sejumlah warga itu disambut langsung oleh Wakil Ketua II DPRK Abdya, Hendra Fadli, bersama sejumlah anggota dewan lainnya di Aula Rapat Paripurna DPRK Abdya, Kamis (13/2/2020).

Salah seorang warga, T. Mustiari dalam pertemuan itu membeberkan sejumlah masalah yang timbul di gampong itu, di antaranya ketidakterbukaan geuchik dengan aparatur gampong dan masyarakat dalam pengelolaan Dana Desa.

“Selama ini geuchik juga tidak tidak terbuka terkait kebijakan yang diambil selama ini, salah satunya terkait tumpang tindih jabatan. Kemudian proses administrasi gampong tidak berjalan sesuai dengan aturan, tugas pokok dan fungsi sebagai geuchik,” ungkap Mustiari.

Selain itu tambahnya, penyaluran bantuan sosial juga dinilai tidak tepat sasaran, dan pembangunan gedung PAUD juga dibangun di atas tanah hibah musala. Selain itu pembangunan lapangan bola voli juga dinilai tidak sesuai dengan rancangan anggaran belanja (RAB).

“Kemudian yang perlu kami sampaikan lagi adalah terkait Laporan Pertanggungjawaban (LPJ) ADG yang tidak pernah dipertanggungjawabkan kepada masyarakat sebelum diserahkan kepada Pemerintah Kabupaten Abdya,” ujarnya.

Mustiari mengaku kunjungan itu merupakan tindak lanjut atas mosi tak percaya terhadap geuchik di mana sebelumnya mereka sudah mendatangi pihak dari kecamatan.

“Kemarin kita sudah datangi camat, dan hari ini kami mendatangi anggota dewan untuk menindaklanjuti mosi tidak percaya terhadap geuchik,” paparnya.

Dirinya dan warga lainnya berharap anggota DPRK Abdya mau menyelesaikan masalah gampong mereka sehingga persoalan yang muncul bisa diselesaikan.

“Kita berharap agar persoalan ini bisa diselesaikan segera, kalau terbukti kita minta geuchik Gampong Padang Gelumpang bisa diberhentikan,” pintanya.

Menanggapi hal tersebut, Wakil Ketua II DPRK Abdya, Hendra Fadli berjanji dalam waktu dekat akan meninjaklanjuti pengaduan warga tersebut.

“Insyaallah besok kita laksanakan rapat sebagai bentuk tindak lanjut aspirasi masyarakat sesuai dengan wewenang anggota dewan dan kita akan panggil pihak-pihak terkait untuk membahas masalah ini,” ujar Hendra Fahdli.[]

Editor : Ihan Nurdin

KOMENTAR FACEBOOK