Utusan BNN Kunjungi Pusat Kerajinan Tas Aceh di Ulee Madon

ACEHTREND.COM, Lhokseumawe – Direktorat Pemberdayaan Alternatif Deputi Bidang Pemberdayaan Masyarakat Badan Narkotika Nasional (BNN) Republik Indonesia, diwakili Kasubdit Masyarakat Desa, Hendrajid Putut Widagdo, mengunjungi pusat lokasi produksi kreatif kerajinan tas Aceh di Gampong Ulee Madon, Kecamatan Muara Batu, Aceh Utara, Kamis (13/2/2020).

Geuchik Ulee Madon, Tgk Salahuddin AB mengatakan kunjungan mereka bertujuan untuk melihat langsung perkembangan industri UMKM, serta ingin mengetahui berapa banyak penyerapan tenaga kerja dalam usaha produksi kerajinan kreatif tersebut.

“Melalui Pak Hendrajid menyebutkan BNN Pusat sangat mendukung usaha kerajinan yang ada di Ulee Madon karena kita mengembangkan industri khas daerah dan lokal,” kata Tgk Salahuddin AB.

Salahuddin menyebutkan kerajinan tas motif Aceh itu sudah didirikan sejak tahun 1983 dan hingga saat ini usaha itu terus berkembang dan bahkan sudah masuk dalam pasar internasional. “Hingga saat ini industri kerajinan itu sudah memilik 17 unit dengan mempekerjakan 500 perajin,” sebutnya.

Mengetahui hal itu, BNN Pusat akan mengadopsi kerajinan itu dan membuat pelatihan di daerah lain di Indonesia.

“Tadi Pak Hendrajid kembali mengatakan, pihaknya akan mengembangkan kegiatan itu di daerah lain, nanti pihaknya juga akan mengundang pengrajin di Ulee Madon untuk menjadi instruktur atau pelatih nantinya. Karena itu program utama dari BNN RI menekan angka penyalahgunaan narkoba dikarenakan mereka memiliki skill bagian masing-masing,” kata Alumni Dayah Budi Lamno Jaya Aceh Jaya itu.[]

Editor : Ihan Nurdin

KOMENTAR FACEBOOK