Kesbangpol: LSM yang Tidak Terdaftar Dianggap Ilegal

Kepala Kesbangpol Langsa Agussalim

ACEHTREND.COM, Langsa – Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kota Langsa, Agussalim, mengatakan bahwa Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) wajib mengajukan pendaftaran ke Kemenkumham RI melalui Kesbangpol.

Jika belum keluar Surat Keterangan Terdaftar (SKT), maka keberadaan LSM tersebut dianggap tidak dan tidak diakui secara hukum oleh pemerintah, serta dianggap lembaga ilegal.

“Jika belum terdaftar secara hukum di pemerintah, maka untuk tidak mengeluarkan statemen di media massa,” sebut Agussalim kepada wartawan, Jumat (13/2/2020).

Agussalim mengimbau LSM yang belum mendaftar agar segera mendaftarkan lembaganya ke Kesbangpol agar terdata oleh pemerintah.

“Setelah berkasnya lengkap baru akan kita kirimkan ke Kemenkumham untuk didaftarkan,” katanya.

Hal ini kata dia, sesuai dengan Peraturan Menteri Dalam Negeri RI Nomor: 57 Tahun 2017 tentang Pendaftaran dan Pengelolaan Sistem Organisasi Kemasyarakatan.

Lanjutnya, berdasarkan data Kesbangpol Kota Langsa, sepanjang tahun 2012-2020 sebanyak 31 LSM berstatus aktif, 1 LSM status dibekukan, dan 3 LSM dengan status perpanjangan SKT.

Pemerintah kata dia, tidak akan melarang kegiatan yang dilakukan LSM yang belum terdaftar.

“Tapi ketika ada kegiatan dan pemerintah diundang, maka kami berhak untuk tidak menghadiri kegiatan tersebut,” pungkasnya.[]

Editor : Ihan Nurdin