Lakukan Ini Lima Menit untuk Tingkatkan Kinerja Otak

Ilustrasi

Melakukan kebiasaan kecil namun rutin bisa membuat perbedaan besar. Bahkan, aktivitas singkat pun ternyata bisa membantu mengasah otak.

Hal-hal sederhana yang hanya memakan waktu lima menit berikut bermanfaat meningkatkan kinerja otak dan memusatkan konsentrasi, seperti dikutip dari laman The Ladders, Sabtu (15/2).

Mind-mapping
Saat menghadapi pekerjaan atau masalah tertentu, biasakan membuat ilustrasi visual berupa mind-mapping. Coret-coretan sederhana pada kertas atau papan tulis ini akan menyederhanakan konsep rumit dan mengantarkan pada pemahaman sesuatu secara utuh.

Meditasi
Sudah banyak penelitian yang mengungkap manfaat kesehatan meditasi. Beberapa di antaranya adalah membuat pikiran menjadi lebih tajam, mengurangi stres, meningkatkan fokus dan daya ingat, memperpanjang rentang perhatian, serta memosisikan pada kerangka berpikir tepat.

Olahraga ringan
Melakukan olahraga ringan selama lima menit di pagi hari membantu melepaskan endorfin ke aliran darah sehingga otak berfungsi optimal. Jenis latihan yang disarankan antara lain push-up, plank, atau burpee yang efektif membakar kalori.

Membuat catatan
Membiasakan menulis daftar kegiatan atau ide apapun yang terbersit di kepala dalam buku catatan merupakan kebiasaan baik. Selain dapat mengendapkan gagasan, hal ini akan memberikan efek baik pada otak jika rutin dilakukan.


Membaca ringkasan
Apabila kesibukan membuat Anda sulit menemukan waktu cukup untuk membaca keseluruhan buku, ringkasan adalah solusinya. Aplikasi seperti Blinkist menyediakan rangkuman yang memuat gagasan utama buku dan bisa disimak kurang dari 15 menit.

Mengatur waktu kerja
Era gawai dan media sosial membuat konsentrasi manusia modern terusik rata-rata setiap tiga menit. Butuh 11 menit untuk kembali berkonsentrasi. Cara mengatasinya, atur waktu kerja sekitar 60 menit untuk merampungkan satu item pekerjaan tanpa gangguan.[] Sumber : Republika

KOMENTAR FACEBOOK