ESA Unsyiah Laksanakan Upgrading Pengurus Periode 2020

ACEHTREND.COM, Banda Aceh – Pengurus English Student Association (ESA) Universitas Syiah Kuala periode 2020 menggelar kegiatan upgrading pengurus yang dilaksanakan di Fakultas Kedokteran Hewan Unsyiah, Sabtu (15/2/2020).

Acara tersebut turut dihadiri oleh Pembina Mahasiswa Pendidikan Bahasa Inggris, Syamsul Bahri. Pada kesempatan itu ia juga turut mengukuhkan seluruh anggota pengurus yang sebelumnya pada Januari 2020 yang lalu telah dilantik oleh pihak dekanan FKIP Unsyiah.

Syamsul Bahri dalam sambutannya mengatakan, organisasi mahasiswa sebagai tempat untuk melatih softskill dan menjadi wadah dalam memperluas intelektualitas dan relasi.


“Harapan saya agar nantinya ESA menjadi sebuah kekeluargaan yang mampu meningkatkan kreativitas dan keakraban baik internal maupun eksternal,” katanya.

Lebih lanjut dia mengatakan ada komponen yang harus dimiliki mahasiswa yaitu kreativitas, berpikir kritis, kolaborasi, dan komunikasi.

Menurut dia, kompetensi kolaborasi dan komunikasi sangat penting bagi organisasi mahasiswa karena dapat saling bekerja sama dan bertukar informasi untuk mencapai tujuan bersama. Selain itu juga teamwork merupakan softskill yang harus diasah secara intensif.

“Berorganisasi bukan hanya sekadar ekstrakurikuler namun dibutuhkan untuk membekali mahasiswa dengan kemampuan lebih ke depannya yang dapat bermanfaat bagi diri sendiri dan orang lain,” tambahnya lagi.

Ketua Umum ESA Unsyiah, Viky Nur Hakim dalam sambutannya mengatakan akan mengemban amanah ini dengan baik dan ke depannya akan mengedepankan rasa kekeluargaan dan kekompakan dalam organisasi.

“Perbaiki niat insyaallah dengan ridha Allah semua akan berjalan dengan lancar. Jangan karena ESA kita besar, tapi karena kitalah ESA menjadi besar,” imbuhnya.

Setelah acara pembukaan selesai kegiatan dilanjutkan dengan pemaparan materi upgrading yang disampaikan oleh senior-senior ESA Unsyiah.

Materi pertama disampaikan oleh Putra Phoenna, ketua umum ESA Unsyiah periode 2018-2019 dengan materi Struktur Kabinet dan Tupoksi Pengurus ESA Unsyiah. Kemudian dilanjutkan oleh Ikhsan, ketua umum ESA Unsyiah periode 2017-2018 dengan materi Organisasi dan Kekeluargaan ESA Unsyiah.

Materi ketiga Landasan dan Aspek-aspek keorganisasian ESA Unsyiah disampaikan oleh Syaiful Arifin, PJS ketua Umum ESA Unsyiah 2020.[]

Editor : Ihan Nurdin

KOMENTAR FACEBOOK