Tak Dapat Undangan, Sejumlah Orang Bikin Ricuh di Muswil PA Aceh Barat

Satu Orang Ditangkap Karena Bawa Keris

ACEHTREND.CO, Meulaboh- Arena Musyawarah Wilayah (Muswil) Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Aceh Kabupaten Aceh Barat di Hotel Tiara Meulaboh, Minggu (16/2/202) memanas.

Dari pantauan aceHTrend, Minggu sore, sekira pukul 16.00 Wib di arena muswil, keributan berawal dari sejumlah elit yang mengaku bagian dari Partai Aceh (PA) dan Komite Peralihan Aceh (KPA) Aceh Barat menghadang mobil polisi yang mengantar sejumlah petinggi PA ke acara pembukaan muswil.

Massa yang mengaku kecewa tidak mendapat undangan sebagai peserta muswil, berkumpul di halaman hotel untuk menghadang petinggi PA Pusat yang dibawa menggunakan mobil anti peluru milik kepolisian setempat. Tak terjadi pemukulan dalam peristiwa tersebut, namun kondisi sempat ricuh beberapa saat.

Pantauan aceHTrend, Sesampai di halaman hotel, tamu penting tersebut awalnya tak berani diturunkan dari mobil karena alasan keamanan. Namun usai mendapat kepastian pengamanan dari polisi akhirnya mereka berhasil digiring oleh ratusan personil polisi ke ruang aula untuk membuka acara.

Dalam peristiwa ini, polisi mengamankan satu orang dari dalam kerumunan. Bersamanya telah diamankan sebilah senjata tajam berupa keris. Diduga massa hendak menggagalkan acara muswil.

Kepolres Aceh Barat, AKBP Andrianti Argamuda, melalui Kabag Ops Kompol M. Masril, mengaku tak mengerti banyak dan bukan kapasitas menjelaskan terkait agenda forum Muswil itu. Pihaknya menurunkan sedikitnya 250 orang personil untuk mengamankan acara tersebut.

“Dari awal memang sudah kita umumkan melalui pengeras suara supaya menjaga ketertiban, jangan sampai melakukan tindakan anarkis atau melanggar hukum. Alhamdulillah berhasil prosesnya berjalan dengan aman. Ada satu orang juga tadi kedapatan membawa senjata tajam berupa keris. Yang bersangkutan kita sudah kita amankan” kata M. Masril.

Acara Muswil PA tersebut, hingga sore tadi baru selesai pembukaan. Untuk sesi lanjutannya, aceHTrend belum terhubung dengan panitia.[]

KOMENTAR FACEBOOK