Praktisi Hukum Sarankan Irwandi Yusuf Ajukan PK

detikcom/Irwandi Yusuf di Pengadilan Tipikor/Foto: Ari Saputra

ACEHTREND.COM, Langsa – Penolakan kasasi Irwandi Yusuf oleh Mahkamah Agung mendapat tanggapan dari praktisi hukum Aceh Legal Consul (ALC), Muslim A Gani, SH. Menurutnya, masih ada upaya bagi Irwandi Yusuf untuk mengajukan peninjauan kembali (PK) atas perkaranya. Walaupun tidak memberi harapan besar, tetapi ia menyarankan Irwandi memanfaatkan upaya terakhir itu.

“Pak Irwandi Yusuf jangan putus asa dalam mencari keadilan,” kata Muslim A Gani kepada aceHTrend, Minggu (16/2/2020).

Lanjutnya, upaya hukum PK ini memang sedikit yang berhasil dikabulkan. Namun, tidak tertutup kemungkinan dari sebuah usaha yang sungguh-sungguh Allah Swt akan menggugah hati mereka agar Irwandi Yusuf bisa terbebas dari jeratan hukum.

Menurutnya, putusan kasasi bagi Irwandi secara pribadi belum memenuhi rasa keadilan. Oleh karena itu, tidak salah jika Irwandi memanfaatkan peluang PK atas putusan perkara Nomor 444 K/Pid.sus/2020 itu.

“Pengacara Irwandi Yusuf pasti tahu apa yang akan di-PK-kan. Karena Hakim Agung juga manusia biasa, jadi tidak tertutup kemungkinan ada kekurangan dan kealpaan dalam membuat putusan,” ucapnya.

Selaim itu, Muslim A Gani juga menyarankan, di samping kuasa hukumnya membuat PK, Irwandi Yusuf juga secara pribadi bisa membuat surat yang sama diajukan kepada Majelis Hakim Agung pemeriksa PK.

Surat tersebut kata Muslim boleh ditulis tangan oleh Irwandi yang menceritakan perjalanan kasus yang menjeratnya, dimulai dugaan OTT sampai ia diajukan ke meja hijau.

“Surat pribadi tulisan tangan ini pasti dibaca dan ini adalah pengalaman salah seorang pejabat yang bebas dengan turunnya putusan PK. Sehingga, kami berharap kepada Irwandi Yusuf jangan berputus asa, lakukanlah yang terbaik untuk keadilan, insyaallah dengan doa-doa rakyat Aceh, Pak Irwandi bisa lepas dari jeratan hukum,” pungkasnya.[]

Editor : Ihan Nurdin

KOMENTAR FACEBOOK