11 Ribu Lebih Warga Abdya Belum Punya e-KTP

KTP elektronik

ACEHTREND.COM, Blangpidie – Sekretaris Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Abdya, Nuraini menyebutkan hingga saat ini sebanyak 11.763 warga Abdya belum memiliki e-KTP dari jumlah total 155.140 penduduk yang wajib memiliki e-KTP.

Nuraini merincikan, belasan ribu warga Abdya yang belum memiliki e-KTP tersebar di sembilan kecamatan, masing-masing 1.889 orang di Kecamatan Blangpidie, 1.835 orang di Babahrot, 1.736 orang di Susoh, 1.636 orang di Kuala Batee, 1.265 orang di Manggeng, 1.076 orang di Tangan-Tangan, 809 orang di Lembah Sabil, 803 orang di Setia, dan 714 orang di Kecamatan Jeumpa.

Menurut Nuraini, penyebab banyaknya warga di Abdya yang belum merekam e-KTP hingga di awal tahun 2020 disebabkan beberapa faktor, di antaranya sebagian warga malas mengurus e-KTP ke kantor karena dianggap belum mendesak.

”Padahal ngurusnya itu gratis ya, saya pikir karena belum kepepet saja, kalau sudah kepepet baru mau diurus,” ungkap Nuraini, Selasa (18/2/2020).

Sejauh ini tambahnya, pihak dinas sudah melakukan sosialisasi tentang pentingnya e-KTP sebagai identitas seseorang. Apalagi, dsekarang ini untuk mengurus sesuatu dibutuhkan e-KTP.

“Kita sudah berulang kali melakukan sosialisasi, tapi masyarakat yang tidak mau mengurusnya. Padahal Disdukcapil Abdya saat ini punya banyak stok blangko untuk perekaman e-KTP warga, sehingga tidak ada kendala apa pun bila warga mengurusnya,” kata Nuraini.

Bagi warga yang merasa belum memiliki e-KTP, Nuraini mengimbau untuk segera urus ke kantor Disdukcapil Abdya.

“Jangan ketika sudah mendesak baru mengurus, tentu pembuatan e-KTP butuh proses, apalagi tiap hari banyak warga yang harus kita layani,” ujarnya.

Ia mengaku perekaman e-KTP paling banyak dilakukan pada warga yang yang baru lulus sekolah. Setiap menjelang kelulusan SMA sederajat, pihaknya menghabiskan banyak blangko e-KTP.

“Kalau yang paling banyak mengurus itu masa-masa siswa SMA sederajat baru lulus sekolah, itu blangkonya kadang-kadang bisa habis, maka kita mengimbau kepada warga yang belum melakukan perekaman e-KTP untuk segera mengurusnya,” pungkas Nuraini.[]

Editor : Ihan Nurdin

KOMENTAR FACEBOOK