Kemenag Abdya Salurkan Zakat Pegawai ke Baitul Mal

@aceHTrend/Masrian Mizani

ACEHTREND.COM, Blangpidie – Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) menyerahkan zakat pegawai kepada Baitul Mal Abdya yang seterusnya disalurkan kepada para mustahik yang berhak menerima zakat tersebut.

Zakat itu diserahkan langsung oleh Kepala Kemenag Abdya, Dr. H Iqbal kepada Kepala Baitul Mal, Wahyudi Satria, disaksikan sejumlah kepala seksi di jajaran kemenag setempat. Penyerahan zakat tersebut berlangsung di Kantor Kemenag Abdya, Blangpidie, Selasa (25/2/2020).

“Alhamdulillah tadi kita sudah menyerahkan zakat pegawai kepada Baitul Mal sejumlah Rp100 juta lebih. Zakat ini langsung dikumpulkan dari pegawai kemenag yang sudah sampai nisabnya. Dan setiap tahunnya kita serahkan kepada pihak Baitul Mal untuk kemudian disalurkan kepada para mustahik,” ungkap Dr. Iqbal kepada aceHTrend usai penyerahan zakat tersebut.

Dr. Iqbal menjelaskan, ada delapan senif atau golong yang berhak menerima zakat. Zakat itu disalurkan kepada golongan-golongan yang berhak menerima zakat tersebut.

“Jadi karena kita sudah ada Baitul Mal, maka zakat itu kita serahkan kepada mereka, baru nanti mereka yang akan menyalurkan zakat tersebut. Untuk kriteria penerima zakat itu sudah ada di Baitul Mal, dan mudah-mudahan zakat dari kita dapat bermanfaat bagi para penerima,” ujarnya.

Jika semua orang mempunyai kesadaran dalam mengeluarkan zakat, Dr. Iqbal meyakini operasional umat Islam akan melebihi dari cukup, sebab potensi dari zakat tersebut sangatlah besar.

“Untuk kemenag sendiri tidak masalah lagi terkait zakat ini, semuanya sudah timbul kesadaran. Maka dari itu kita juga mengajak kepada seluruh masyarakat yang sudah sampai nisabnya untuk jangan lupa berzakat, karena zakat ini juga bahagian dari pembersihan harta, sebab dalam harta kita itu ada hak-hak orang lain yang dititipkan kepada kita, maka jangan lupa untuk berzakat,” ajak Dr. Iqbal.

Kemudian dirinya juga mengimbau kepada pihak Baitul Mal agar menyalurkan zakat tersebut tepat sasaran, sehingga para penerima zakat itu mendapatkan keberkahan.[]

Editor : Ihan Nurdin

KOMENTAR FACEBOOK