Muslizar: Peran PRG Tentukan Pemutakhiran Data Penduduk

ACEHTREND.COM, Blangpidie – Wakil Bupati Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya), Muslizar MT menyebutkan, untuk mempercepat cakupan pelayanan administrasi kependudukan dan catatan sipil (admindukcapil) sebagaimana amanah Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2013 dan Permendagri Nomor 470 Tahun 2018 tentang Gerakan Indonesia Sadar Adminduk  (GISA), dan adanya pembentukan Petugas Registrasi Gampong (PRG) maka peran PRG sangat diperlukan untuk pelaksanaan pemutakhiran data penduduk. Dengan demikian setiap peristiwa penting yang terjadi dalam gampong dapat tercatat guna mendapatkan data yang valid dan terus termutakhirkan.

Hal itu diungkapkan Muslizar dalam kegiatan Sosialisasi Administrasi Kependudukan dan Pencatatan Sipil Bagi Petugas Registrasi Gampong (PRG) di Aula Gedung DPRK Abdya, Selasa (25/2/2020).

“Kegiatan yang kita laksanakan pada hari ini merupakan upaya yang cukup penting, mengingat masih belum tercapainya tertib administrasi dan masyarakat kita masih belum paham sepenuhnya arti pentingnya dokumen kependudukan. Maka melalui upaya ini diharapkan semakin memperkuat kita dalam memberikan perlindungan dan pengakuan terhadap status pribadi dan status hukum atas setiap peristiwa kependudukan dan peristiwa penting yang dialami penduduk, serta mampu menjawab masalah administrasi kependudukan dalam menyediakan informasi yang benar dan akurat,” jelas Muslizar.

Untuk mencapai hal tersebut kata Muslizar, dibutuhkan peran serta semua pihak, terutama para camat dan geuchik. Menindaklanjuti hal tersebut juga diperlukan keseragaman untuk penyusunan PRG dengan menggunakan anggaran gampong sebagai acuan dasar dalam pelaksanaan peningkatan percepatan pelayanan sdmindukcapil, dengan komitmen adanya tujuan yang ingin dicapai dengan kebersamaan untuk kepentingan bersama, derajat yang sama, tujuan yang sama dan dengan kerja sama.

“Kemudian kami juga mengimbau kepada Kepala Disdukcapil Abdya untuk segera mengambil langkah-langkah pelayanan perekaman dan KTP elektronik bagi seluruh pemilih di Abdya. Pelayanan perekaman ini harus tuntas paling lambat akhir Maret mendatang,” ujar Muslizar.

Untuk itu dirinya berharap kepada Petugas Registrasi Gampong nantinya melakukan gerakan jemput bola ke gampong-gampong, guna mempercepat proses perekaman bagi pemilih pemula atau yang sudah masuk usia 17 tahun namun belum memiliki KTP elektronik.

“Kami juga berharap atas nama pemerintah daerah menyambut baik atas diselenggarakannya kegiatan sosialisasi ini. Semoga dengan terlaksananya kegiatan ini dapat menambah pengetahuan dan wawasan kita semua dan mudah-mudahan dapat mencapai target pemuktahiran data yang lebih cepat dan lebih valid,” pungkas Muslizar.[]

Editor : Ihan Nurdin

KOMENTAR FACEBOOK