Dewan Abdya Minta Mobil Dinas Dipasang Stiker Logo Daerah

Anggota DPRK Abdya, Ikhsan, @aceHTrend/Masrian Mizani

ACEHTREND.COM, Blangpidie – Ketua Komisi D DPRK Aceh Barat Daya (Abdya), Ikhsan, meminta bupati setempat mengeluarkan instruksi pemasangan stiker berupa logo Pemerintah Kabupaten Abdya pada mobil dinas di satuan kerja perangkat kabupaten tersebut.

Permintaan itu lantaran ia menilai selama ini banyak mobil dinas di Abdya yang diduga salahdigunakan. Bahkan mobil plat merah itu disebut-sebut digunakan oleh orang-orang di luar pemerintahan.

Selain itu tambahnya, kendaraan dinas plat merah itupun banyak didapati diganti dengan dengan plat hitam, sehingga identitas aset negara itu berubah wujud seakan-akan jadi milik pribadi.

“Saya rasa Pak BupatiĀ perlu membuat instruksi agar semua mobil dinas dipasang stiker berlogo pemkab. Apalagi mobil dinas ini kebanyakan diganti plat,” ungkap Ikhsan melalui rilis yang diterima aceHTrend, Rabu (26/2/2020).

Menurut Ikhsan, pemasangan logo pemkab itu penting dilakukan untuk mengantisipasi penyalahggunaan mobil dinas, dan sebagai langkah penertiban aset negara.

Dengan adanya pemasangan logo pemkab itu tambahnya, akan memberi kemudahan bagi masyarakat untuk mengetahui asetĀ  pemerintah. Selain itu pemasangan stiker tersebut juga sebagai bentuk transparansi dan efisiensi pemerintah Abdya untuk mengecilkan kesalahan penggunaan aset negara.

“Masyarakat juga bisa secara langsung mengawasi penggunaan mobil yang dibeli dengan uang rakyat tersebut. Dengan demikian, pejabat yang memakai kendaraan negara itu akan lebih hati-hati dalam penggunaannya,” paparnya.

Kader muda PAN itu mencontohkan, layaknya seperti penerima bantuan Program Keluarga Harapan (PKH), di mana di rumah mereka terpasang stiker sebagai informasi pemerintah untuk lebih mudah mengetahui masyarakat miskin sebagai penerima bantuan tersebut.

“Karen itu saya juga meminta mobil dinas ditempel stiker agar masyarakat bisa membedakan mana mobil milik negara dan mana mobil pribadi,” pungkas Ikhsan.[]

Editor : Ihan Nurdin