Dewan Minta Dana Desa Dikelola untuk Memakmurkan Gampong

Wakil Ketua DPRK Banda Aceh Isnaini Husda @aceHTrend/Hendra Keumala

ACEHTREND.COM, Banda Aceh – Wakil Ketua DPRK Banda Aceh, Isnaini Husda, berharap agar aparatur gampong di Banda Aceh bisa mengelola Dana Desa sebaik mungkin sesuai ketentuan yang berlaku. Dengan begitu, keberadaan dana tersebut bisa dirasakan langsung oleh masyarakat dan mampu mewujudkan gampong mandiri.

Hal ini disampaikan Isnaini Husda saat menghadiri Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang)  di Kantor Camat Syiah Kuala, Banda Aceh, Rabu (26/02/2020).

Isnaini Husda menyampaikan, musrenbang merupakan forum antarpelaku dalam rangka menyusun rencana pembangunan daerah. Ini juga sangat penting untuk menata pembangunan, khususnya pembangunan partisipastif yang melibatkan seluruh komponen masyarakat di kecamatan itu.

“Begitu juga Dana Desa, dalam hal ini kami harap dapat dikelola dengan sebaik-baiknya karena dana ini merupakan sarana menuju pada gampong yang mandiri,” kata Isnaini Husda di hadapan para geuchik se-Kecamatan Syiah Kuala.

Menurut Isnaini, pihaknya tidak mengetahui sampai kapan program Dana Desa ini dikucurkan Pemerintah Pusat. Namun Isnaini menekankan, selama anggaran tersebut ada hendaknya dipergunakan dengan sebaik mungkin. Ia juga mendorong Dana Desa ini diperuntukkan pada pemberdayaan ekonomi atau pembentukan Badan Usaha Milik Gampong (BUMG). Melalui BUMG ini nantinya akan menjadi sumber pendapatan bagi gampong. Suatu saat ketika dana ini tidak bergulir lagi akan menjadi sebuah aset yang menjadikan gampong mandiri tidak lagi tergantung pada dana pemerintah.

Isnaini menambahkan, dalam setiap desa itu ada prioritas pembangunan yang tidak mungkin ditampung dengan anggaran dari Dana Desa, kemudian itu akan diusulkan melalui musrenbang kecamatan.

Prioritas pembangunan yang diusulkan oleh setiap gampong yang bersifat mendesak harus menjadi perhatian pemerintah untuk diakomodir melalui alokasi APBK, melalui anggaran yang tersedia di pemerintah Kota Banda Aceh.

Dalam kegiatan tersebut turut dihadiri sejumlah anggota DPRK lainya, yaitu Tuanku Muhammad, Buyamin, Heri Julius, dan sejumlah SKPK, para kepala dewan.[]

Editor : Ihan Nurdin

KOMENTAR FACEBOOK