Dewan Abdya Minta Masyarakat Dukung Kerja PRG

Hendra Fadli

ACEHTREND.COM, Blangpidie – Wakil Ketua II DPRK Aceh Barat Daya (Abdya), Hendra Fadli, meminta masyarakat mendukung Petugas Registrasi Gampong (PRG) dalam melaksanakan tugasnya ketika mendata administrasi kependudukan.

Hendra mengatakan, pengelolaan data menjadi hal yang sangat penting untuk mempercepat pembangunan daerah. Kemudian data juga merupakan unsur utama yang menentukan tingkat kualitas kebijakan. Oleh sebab itu dukungan masyarakat gampong sangat berpengaruh untuk kelancaran pihak PRG dalam pengelolaan data penduduk.

“Data kependudukan ini sangat penting, apalagi sudah diamanahkan dalam Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2013 dan Permendagri Nomor 470 Tahun 2018 tentang Gerakan Indonesia Sadar Adminduk (GISA) maka diperlukan pembentukan Petugas Registrasi Gampong (PRG). Maka dukungan dukungan masyarakat sangat dibutuhkan dalam pengelolaan data ini,” ungkap Hendra Fadli kepada aceHTrend, Rabu (26/2/2020).

Politisi Partai Aceh itu menyebutkan, peran PRG sangat diperlukan untuk pelaksanaan pemutakhiran data penduduk. Dengan demikian setiap peristiwa penting yang terjadi dalam gampong dapat tercatat guna mendapatkan data yang valid dan terus termutakhirkan.

“Peran PRG sangat penting sehingga pelayanan pemerintah kepada masyarakat tepat sasaran dan benar–benar dirasakan manfaatnya oleh masyarakat. Oleh karena itu, kuncinya adalah tersedianya data administrasi yang tertib serta terverifikasi dan valid,” jelas Hendra.

Menurut Hendra, PRG yang cakap dan berkomitmen untuk perubahan merupakan salah satu faktor kunci pembangunan. Kepada seluruh PRG dirinya berharap agar benar-benar menjalankan tugas dengan baik serta dapat membantu daerah dalam pencatatan data penduduk Abdya, terutama dalam perekaman KTP elektronik.

“Artinya teman-teman PRG ini harus menjemput bola ke gampong-gampong serta memberikan pemahaman akan pentingnya terverifikasi data. Maka kami juga minta agar camat dan juga perangkat gampong untuk ikut membatu para teman-teman PRG dalam menyelesaikan tugas tersebut. Sebab pekerjaan yang dilakukan PRG sangat menentukan data kurang lebih 120 ribu penduduk Abdya,” pungkas Hendra Fadli.[]

Editor : Ihan Nurdin

KOMENTAR FACEBOOK