Duta Besar Belgia Bertemu dengan Ketua DPRA

Duta Besar Belgia untuk Indonesia Stephane De Loecker @aceHTrend/Taufan Mustafa

ACEHTREND.COM, Banda Aceh – Duta Besar Belgia untuk Indonesia, Stephane de Loecker, mengadakan pertemuan dengan Ketua DPR Aceh, Dahlan Jamaluddin. Pertemuan berlangsung di Gedung DPR Aceh, Kamis (27/2/2020).

Pertemuan itu berlangsung tertutup sehingga tidak banyak yang bisa diketahui apa yang mereka dibicarakan. Namun, Dubes Stephane sempat mengatakan bahwa yang mereka bicarakan terkait perkembangan 15 tahun perdamaian Aceh pasca-MoU Helsinky.

“Ini adalah pertama kali saya datang ke Aceh yang sangat indah ini, saya juga dari negara yang sama-sama menganut demokrasi, tujuan saya juga ingin melihat situasi di Aceh saat ini. Selain itu saya ingin melihat perkembangan MoU Helsinky yang telah berjalan 15 tahun lalu, dan saya ingin melihat Aceh ini ke depan tetap damai, rukun, dan tetap toleransi antarsesama kita,” kata Stephane de Loecker kepada wartawan usai pertemuan dengan Ketua DPRA.

Stephane berharap ke depan Aceh akan lebih maju dan lebih semangat. Sementara mengenai pandangannya terhadap perkembangan Aceh pascadamai, Stephane mengaku tidak memiliki hak untuk menjawab.

“Saya tidak pernah berhenti bekerja untuk mengetahui perkembangan Aceh. Namun saya punya otoritas untuk menjawab pertanyaan itu, tapi saya tetap berharap Aceh ke depan tetap semangat dan terus maju, dan menjaga hubungan baik dengan pemerintah pusat,” kata Stephane melalui penerjemah.

Sebelumnya Duta Besar Belgia juga berkunjung ke istana Wali Nangroe dan melakukan pertemuan langsung dengan Wali Naggroe Aceh, Malik Mahmud Al Haytar. Usai bertemu Ketua DPRA, Duta Besar Belgia juga menjadwalkan pertemuan dengan Plt Gubernur Aceh.

Sementara itu, Ketua DPR Aceh, Dahlan Jamaluddin usai melakukan rapat tertutup dengan Duta Besar Belgia, langsung melanjutkan rapat lainnya, sehingga sejumlah wartawan tidak memperoleh komentar darinya terkait hasil pertemuan itu.[]

Editor : Ihan Nurdin

KOMENTAR FACEBOOK