Pemerintah Aceh Luncurkan Kalender Wisata 2020

Kepala Disbudpar Aceh Jamaluddin @aceHTrend/Hendra Keumala

ACEHTREND.COM, Banda Aceh – Pemerintah Aceh melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Aceh melakukan soft launching (peluncuran awal) Calendar of Event (COE) Aceh 2020 dengan mengundang para stakeholder industri pariwisata Aceh di Aula Disbudpar Aceh, Jumat (28/02/2020).

Kegiatan bertema “Aceh Hebat Melalui Ragam Atraksi Pesona Wisata Aceh 2020” itu bertujuan untuk memperkuat dan memantapkan branding “The Light of Aceh” atau “Cahaya Aceh” kepada wisatawan nusantara (wisnus) dan mancanegara (wisman).

Kepala Disbudpar Aceh, Jamaluddin menyampaikan kegiatan ini meningkatkan awareness wisnus dan wisman tentang Aceh sebagai destinasi wisata yang layak dikunjungi oleh wisatawan. Mempromosikan Aceh sebagai destinasi wisata yang aman, nyaman, dan menawan bagi wisatawan; memperkenalkan ragam atraksi wisata yang akan digelar sepanjang tahun 2020; dan mendukung pelaku industri pariwisata Aceh dalam menyusun paket wisata tematis 2020.

“Serta membangun semangat dan komitmen pemerintah kabupaten/kota sebagai chief executive officer (CEO) dalam memperkenalkan daerah mereka masing-masing sebagai destinasi wisata yang ramah wisatawan dan meningkatkan kunjungan wisatawan ke Aceh,” kata Jamaluddin.

Sementara itu, Kabid Pemasaran, Rahmadhani menyampaikan Calendar of Event Aceh 2020 yang telah dikurasi dan dievaluasi oleh Tim Disbudpar Aceh terdiri atas 110 atraksi wisata siap digelar hampir di seluruh kabupaten/kota sepanjang tahun 2020 melalui pelibatan seluruh stakeholder terkait. Khususnya pemerintah kabupaten/kota, pelaku budaya/pariwisata Aceh, komunitas, media, Generasi Pesona Indonesia (GENPI) Aceh, dan pemerintah melalui Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) RI dalam rangka viralisasi digital.

Calendar of Event Aceh 2020 yang berhasil dikurasi dan dirangkum oleh tim berasal dari beberapa sumber atau institusi, di antaranya Disbudpar Aceh, SKPA, pPemerintah kabupaten/kota, dan komunitas/milenial yang memiliki kepedulian dalam rangka mempromosikan pesona wisata daerah, yang terbagi dalam dua segmen, yaitu Top 10 Event Aceh 2020 dan 100 Event Unggulan Aceh 2020.

“Khusus Top 10 Event Aceh seperti Aceh Culinary Festival, Aceh Diving Festival, Festival Saman, Festival Ramadhan, Banda Aceh Coffee Festival, Aceh Sumatera Expo, Islamic Fashion Festival, Leuser Int’l Rafting Championship, Pacuan Kuda Tradisional, Festival Pulau Banyak. Tiga di antaranya berhasil masuk dalam 100 Calendar of Wonderful Indonesia 2020 Kemenparekraf RI, yaitu Aceh Culinary Festival (Banda Aceh, 7-10 Agustus), Festival Saman Gayo Lues (Gayo Lues, 8-9 November) dan Aceh Diving Festival (Sabang, 10-11 Oktober),” kata Rahmadhani.

Ia juga menyampaikan kunjungan wisnus dan wisman ke Aceh tahun 2019 mengalami peningkatan (5.55 persen) dibandingkan tahun 2018, yaitu mencapai 2.636.916 terdiri dari 2.529.879 orang (wisnus) dan 107.037 orang (wisman).

Sementara, kunjungan wisnus dan wisman ke Aceh tahun 2018 mencapai 2.498.249 terdiri dari 2.391.968 orang (wisnus) dan 106.281 orang (wisman). Target kunjungan wisatawan 2020 adalah 3 juta (wisnus) dan 150 ribu (wisman).

“Hal ini akan tercapai bila semua stakeholder yang tergabung dalam Aceh Incorporated saling mendukung, bersinergi dan mempromosikan Aceh melalui semangat Like, Love and Share Aceh dan branding wisata Aceh The Light of Aceh,” ujarnya.

Direncanakan pada pertengahan Maret 2020 Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI, Wishnu Utama dan Plt Gubernur Aceh, Nova Iriansyah akan meluncurkan COE 2020 di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Satpa Pesona Kementerian Pariwisata RI yang akan dihadiri para pelaku industri pariwisata nasional dan internasional.[]

Editor : Ihan Nurdin