Satu Unit Rumah dan Kandang Ayam Pedaging Milik Warga Alue Beurawe Langsa Ludes Terbakar

Petugas Pemadam Kebakaran saat memadamkan api, Kamis (27/02/2020).

ACEHTREND.COM, Langsa – Diduga akibat konsleting listrik, satu unit rumah dan kandang ayam berkonstruksi kayu milik Ramli, warga Dusun Teupin Bugeng Gampong Alue Beurawe, Kecamatan Langsa Kota ludes terbakar Kamis sore (27/02/2010). Akibat insiden kebakaran ini kerugian korban diperkirakan mencapai Rp200 juta akibat musnahnya harta benda dan enam ribu bibit anak ayam.

Keplaa BPBD Kota Kangsa, Ali Mustafa, kepada acehmHTrend menuturkan, kebakaran rumah dan kandang ayam milik Ramli terjadi sekitar pukul 17.15 WIB.

Pihaknya mengerahkan lima armada pemadam kebakaran di antarnya tiga armada pemadam dan dua armada tangki suplai air yang tergabung Tim TRC, Tim Damkar, dan Tim HTL.

“Api sangat cepat menguasai satu unit rumah karena berkonstruksi kayu dan beratapkan daun nipah ini, serta kandang ayam pedaging dengan luas 9×80 meter. Dan, alhamdulillah, api selesai dipadamkan hingga tuntas pada pukul 18.25 WIB, saat petugas damkar BPBD tiba ke lokasi api telah menguasai bangunan rumah maupun kandang ayam,” ujarnya.

Ia menjelaskan, kedua bangunan yang terbakar ini saling bersebelahan. Api yang awalnya membakar rumah menyambar kandang ayam pedaging milik Ramli. Berdasarkan keterangan istri Ramli, Maryana (52), diduga api berasal dari arus pendek listri. Selanjutnya menyambar kompor gas dan meledak.

“Kerugian material menurut keterangan pemilik rumah lebih kurang Rp200 juta karena selain harta benda di dalam rumah Ramli yang terbakar, juga kandang ayam masih terisi anak ayam pedaging sebanyak 6.000 ekor dengan umur 6 hari, serta pakan dan alat-alat ternak, semuanya ludes terbakar,” tutupnya.[]

Editor : Ihan Nurdin