Tak Cukup Uang Beli Susu Bayi, Pedagang Es Nekat Mencuri

Foto: Tangkapan layar bapak penjual susu mencuri susu bayi (dok. YouTube PoLenTir Channel)

ACEHTREND.COM,Pekalongan Selatan-HR (51) seorang penjual es gepeng nekat mencuri satu kotak susu bayi di sebuah toko di Pekalongan Selatan, Kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah. Hal ini dipicu karena ia tidak memiliki uang yang cukup untuk mendapatkan susu tersebut secara halal. Aksi lelaki miskin itu diketahui pemilik toko.

Aksi pengutilan itu terjadi pada Selasa (29/10/2019) dan rekamannya kembali viral karena pria yang ditangkap itu tidak jadi dipenjara. Pemilik toko memaafkannya dan susu yang dicuri itu akhirnya dibayar oleh seorang polisi. Bukan satu kotak. Polisi baik hati itu bahkan membelikan tiga kotak susu.

Kepada polisi yang datang ke lokasi kejadian setelah diberitahukan oleh istrinya, HR mengaku hanya mengantongi uang Rp45 ribu, hasil penjualan es gepeng dari pagi hingga sore. Ia kebingungan setelah diberitahu bila susu untuk anaknya sudah habis. Ia pun menghitung lembaran seribuan di kantong bajunya. Ternyata uang tersebut tidak cukup. Lelaki itupun “gelap mata” dan akhirnya mengutil. Aksinya dipergoki dan dia pun diamankan.

Kepada polisi ia mengaku baru pertama kali mencuri, itupun karena terpaksa. “Nanti kalau sampai di rumahmu, ternyata tidak ada bayi, kamu saya apakan?,” tanya Bripka Windo Suhud yang bertugas sebagai Banit Intelkam Polsek Pekalongan Selatan. Sebelumnya HR sempat berusaha kabur.

Ternyata HR tidak berbohong. Ketika polisi tersebut membawanya ke alamat yang diberikan yaitu di Pekalongan Timur, dua balita sedang menunggu kepulangan sang ayah.

“Saat itu saya berpikir cerita bapak ini benar dan saya merasa terharu. Saya buka dompet hanya ada seratusan lebih, saya gunakan untuk membeli tiga kotak susu tanpa sepengetahuan bapaknya. Ternyata benar, ketika sampai di rumah, dua balita sedang menunggu sang bapak,” ucap Windo kepada detik, Jumat (28/2/2020)

Sampai saat ini, Windo dengan bapak penjual es gepeng ini malah akrab. Ia sering main ke rumahnya dan akrab dengan anak-anaknya.

Sumber: detik, dengan perubahan seperlunya.

KOMENTAR FACEBOOK