Ada Pertunjukan Malam Puisi di Jambo Budaya Pango Malam Ini

ACEHTREND.COM, Banda Aceh – Para seniman menghadirkan pagelaran Malam Puisi Din Saja yang diselenggarakan di Jambo Budaya Pango, Kedai Kopi Cut Ayah, bakda Isya, Minggu (1/3/2020). Acara ini juga akan ditayangkan secara live streaming oleh Glamour Pro.

Jambo Budaya adalah oase di tengah padang sahara ruang apresiasi terhadap seluruh tokoh seniman juga budayawan Aceh di mana pun berada, berpusat di Pango, Banda Aceh. Malam ini beragendakan menggelar Malam Puisi yang akan mempertunjukkan tiga seniman Aceh, Jambo Budaya mengundang para seniman dan masyarakat Aceh untuk hadir.

Mengusung visi no meulakee no meugadee, acara yang dikelola oleh tokoh-tokoh seni dan pencinta seni tersebut dijadwalkan dibuka oleh perwakilan penyelenggara Sarjev Hirzi, dirinya menganggap ruang seni budaya di Aceh penting untuk terus disemarakkan, tidak hanya menggantungkan nasib seni budaya Aceh hanya pada Dewan Seni atau kelompok-kelompok tertentu yang selama ini mengaku mampu mengangkat harkat martabat para seniman.

Jambo Budaya bekerja sama dengan Krak Society dan didukung oleh Ibrahim Nain Foudation juga lainnya berinisiatif mengupayakan penghargaan yang pantas bagi kalangan seni dan budaya Aceh, agar merdeka menyuarakan karya-karya mereka yang telah berhasil memberi warna nyata bagi kesenian dan kebudayaan di Aceh pada kuartal terakhir jelang memasuki abad ke-21 Masehi.

Selaku pemilik tempat dari lokasi Jambo Budaya yang dipusatkan di Kedai Kopi Cut Ayah Pango, Cut Ayah yang bernama asli Muhammad Ibrahim Nain memberikan kesempatan luas bagi semua pihak untuk sama-sama menggugah apresiasi bagi tokoh seni dan budaya Aceh di mana pun berada, warung kopi miliknya ia persembahkan untuk itu.

Acara tersebut akan diisi dengan materi acara; baca puisi, esai seni, hikayat, balada, biola Aceh, musik etnik, Krak Coustic dan Blues yang melibatkan tiga tokoh utama yaitu Din Saja (penyair), Sarjev (pemusik), dan Fuadi S Keulayu (penghikayat).

Para undangan juga berkesempatan mendapatkan booklet berisi profil seniman, karya puisi Din Saja, esai seni yang ditulis Muhammad, M. Pd juga Sarjev Hirzi saat datang ke lokasi, sambil menikmati kopi Aceh gratis serta peunajoh Aceh, pengunjung bisa mengikuti agenda seni tersebut dalam suasana alami dengan konsep warung kopi Aceh berornamen kayu dan kopi yang disuguhkan dandimasak juga dengan bahan bakar kayu.

Penanggung jawab acara, Nourman Hidayat mengajak semua kalangan untuk dapat berhadir memberikan kesempatan luas bagi undangan dan masyarakat seni di Aceh agar bisa sama-sama merayakan malam kesenian tanpa dilatari kelompok apa pun.

“Semua bebas datang dan bersilaturrahmilah,” ujarnya.[]

Editor : Ihan Nurdin