Puluhan Santri Aceh Ikut Training Jurnalistik

ACEHTREND.COM,Banda Aceh-Dinas Pendidikan Dayah Aceh menggelar acara pelatihan jurnalistik dan magang bagi santri dayah Aceh yang dilaksanakan dari tanggal 5 sampai 9 Maret 2020 di Hotel Hermes Palace Banda Aceh.

Ketua Panitia Acara Drs. Muhammad Nasir yang juga Kabid Pemberdayaan Santri Dinas Pendidikan Dayah Aceh, dalam laporannya mengatakan acara yang dikemas khusus untuk santri dayah yang memiliki bakat tulis menulis ini bertemakan “Semarakkan Dakwah Islam Melalui Tulisan” dan diikuti oleh 52 orang Peserta dari beberapa perwakilan dayah di Aceh.

Adapun narasumber yang akan mengisi acara di antaranya Bukhari M.Ali dari Serambi Indonesia yang akan mengajarkan kode etik jurnalistik, CEO aceHTrend Muhajir Juli yang akan membantu santri belajar menulis feature dan teknik wawancara. M. Ansar tentang teknik fotografi, dan sejumlah orang lainnya dengan materi yang masih berkaitan dengan dunia jurnalistik.

Kepala Dinas Pendidikan Dayah Aceh Usamah, S.Ag, MM., yang diwakili oleh Sekretaris Dinas Pendidikan Dayah Aceh Azhari, S.Ag, M.Si., dalam sambutannya saat membuka acara menyampaikan agar para santri dapat memiliki komunikasi yang mempengaruhi publik, baik dengan sebuah berita ringan ataupun dengan tulisan melalui opini. “Kami berkeinginan agar muncul jurnalis-jurnalis dan penulis muda dari kalangan dayah. Pemerintah Aceh merasa berkepentingan dalam memfasilitasi para santri dayah untuk dapat memahami dunia jurnalistik,” ujarnya,Kamis (5/3/2020) ketika membuka acara.

Azhari melanjutkan, dewasa ini banyak terjadi pergeseran opini yang membingungkan umat, untuk itu diharapkan agar santri memiliki kemampuan jurnalistik sehingga dapat mencerahkan umat dan juga santri menguasai basis keilmuan yang transformatif. Setiap santri memiliki kegiatan yang mendorong ketrampilan menghadapi era global yang kompetitif.[]