Desainer Muda Aceh Pamerkan Karya dalam Road to Islamic Fashion Festival

@aceHTrend/Taufan Mustafa

ACEHTREND.COM, Banda Aceh – Sejumlah desainer Aceh memamerkan karyanya dalam Teaser Show Road to Islamic Fashion Festival yang digelar di Hotel Hermes Palace Banda Aceh, Sabtu sore (7/3/2020).

Kegiatan ini merupakan soft launching untuk event Islamic Fashion Show 2020 yang akan digelar pada 16-21 April 2020 mendatang.

Salah seorang desainer, Almira Hilal, kepada wartawan mengatakan, melalui kegiatan ini para desainer lokal bisa menyalurkan kreativitasnya. Apalagi sebelumnya belum ada wadah bagi para desainer untuk memamerkan karya-karya mereka.

“Kita sebagai desainer Aceh bingung kadang-kadang untuk mencari wadahnya ke mana, di sini kita bisa menemukan wadah untuk berkreasi. Untuk ke depan kita sudah membuat beberapa planing seperti di dalam rancangan kita memadukan budaya Aceh dalam konsep yang lebih milenial, kekinian, dan tentunya sesuai dengan keinginan anak-anak sekarang,” kata Almira.

Berbicara kendala, lanjutnya, pasti ada, karena mereka masih pemula dibanding para desainer profesional, sehingga harus lebih banyak belajar untuk lebih profesional.

@aceHTrend/Taufan Mustafa

“Kitakan masih baru, sedangkan merekakan sudah benar-benar profesional, tapi kita akan terus berusaha untuk mengimbanginya, tentunya dengan percikan-percikan budaya Aceh,” katanya.

Sementara itu, Ketua Dekranasda Aceh, Dyah Erti Idawati dalam sambutannya mengatakan, sebagai salah satu event kegiatan ini bisa menarik minat wisatawan sehingga berdampak pada pertumbuhan ekonomi masyarakat.

“Tujuan kita ingin mengangkat islamic fashion ini seperti di daerah lain, artinya kita ingin menjadikan kiblat untuk acara islamic fashion show, yang nantinya mendapat dukungan dari Disbudpar Aceh untuk menjadi agenda tahunan. Harapannya ke depan kita bisa banyak menarik minat para wisatawan menyambut wisata halal, kita paut berbangga menjadi satunya provinsi syariat Islam,” kata Dyah.

Menurutnya, di April nanti semua pihak mampu untuk berinovasi bersama, antara fesyen desainer yang saat ini telah ada di Aceh, karena busana Aceh juga sudah dikenal di berbagai wilayah di tingkat nasional.

“Busana kita kalau digunakan di nasional semua mengagumi desain dari Aceh, bahkan yang simpel sekalipun, ada mirip Brazil dan Turki, sudah empat tahun belakangan ini, semua gemar menggunakan busana Aceh yang penuh dengan pernak-pernik khas Aceh, dengan dukungan kita, maka semua kita akan maju bersama,” katanya.[]

Editor : Ihan Nurdin