Membaca di Perpustakaan Keliling Sangat Diminati Siswa Aceh Singkil

ACEHTREND.COM, Singkil – Beberapa bulan terakhir ini, mobil box acap mendatangi sekolah-sekolah di seputar Aceh Singkil. Dari sekolah tingkat TK, SD, sampai tingkat SMP.

Kedatangan mobil box tersebut untuk memberikan pelayanan langsung kepada para pelajar dalam bentuk  peminjaman dan membaca buku gratis.

Menurut keterangan Kadis Perpustakaan dan Arsip Aceh Singkil, Suyatno, kepada aceHTrend, Sabtu (14/3/2020), kedatangan mobil yang bertuliskan Pustaka Keliling (Pusling) itu, ingin memberikan akses kemudahan membaca pada pelajar sehingga minat dan kegemaran membaca mereka semakin meningkat.

“Minat dan kegemaran membaca harus ditanamkan sejak usia dini, karena kemajuan ilmu dan teknologi suatu bangsa sangat dipengaruhi oleh faktor minat baca ini. Membaca membuka jendela dunia. Tanpa membaca orang tidak akan mengetahui sesuatu,” ucap Suyatno.

Suyatno menambahkan, kedatangan mobil pusling ke sekolah sangat didambakan dan diminati para siswa. Bahkan, kata Kadis, banyak kepala sekolah yang menyurati pihaknya agar pusling datang mengunjungi sekolah mereka.

“Ketika mobil datang ke sekolah siswa berbondong-bondong dan sangat antusias membaca dan meminjam buku,” ucap Kadis.

Oleh karena itu, program pusling tetap rutin dilaksanakan dan kapasitas layanan, variasi buku, waktu kunjung, dan volume serta jenis buku terus ditingkatkan.

“Dengan pusling anak bisa lebih mudah mendapatkan dan membaca buku. Dengan membaca anak-anak Aceh Singkil nanti semakin cerdas,” pungkas Suyatno.[]

Editor : Ihan Nurdin