RSUCM Aceh Utara Belum Sediakan Call Center Tanggap Covid-19

Petugas medis menyiapkan ruang isolasi di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Cut Meutia, Aceh Utara @aceHTrend/Mulyadi Pasee

ACEHTREND.COM, Lhokseumawe – RSU Cut Meutia (RSUCM) Aceh Utara sebagai rumah sakit rujukan penganan pasien corona di Aceh belum menetapkan call center khusus untuk penanganan virus corona (covid-19) sebagaimana halnya RSUDZA Banda Aceh. Namun, masyarakat bisa menghubungi pihak rumah sakit melalui nomor kantor di 0645-46334. Namun kendalanya, nomor ini tidak bisa digunakan untuk mengirimkan pesan.

Siang tadi aceHTrend, Sabtu (14/3/2020), mencoba menghubungi nomor telepon tersebut dan diangkat oleh seorang operator. Namun, karena operator tidak bisa menjelaskan informasi mengenai virus corona, dihubungkan ke instalasi gawat darurat (IGD). Seorang petugas lantas menjawab panggilan tersebut.

Kepada aceHTrend dia menjelaskan bahwa untuk rujukan, masyarakat langsung mendatangi puskesmas di masing-masing kecamatan. “Kalau mau periksa ke puskesmas saja dulu. Nanti akan dirujuk ke RSUCM,” katanya.

Dia menjelaskan ringkas soal ciri-ciri pasien menderita corona seperti batuk, demam, flu, dan demam tinggi. “Selebihnya silakan periksa ke puskesmas,” jawabnya singkat.

Baca juga: Nomor Telepon RSUDZA Tanggap Covid-19 Tak Bisa Dihubungi

Pjs Humas RSUCM Aceh Utara, Jalaluddin, yang dihubungi terpisah menyebutkan nomor ini sebenarnya nomor telepon rumah sakit khusus pasien, bukan khusus untuk pelayanan penanganan Covid-19.

“Iya, memang baru satu nomor teleponnya. Itu nomor telepon rumah sakit. Sekarang sedang ada rapat di Jakarta mengenai pelayanan wabah virus corona, nanti kita rencanakan ada nomor pelayanan, kita lengkapi operatornya agar mudah komunikasi masyarakat,” katanya.

Dia menyebutkan, ruang isolasi telah disiapkan lengkap dengan tenaga medis dan dokter. “Prinsipnya kita benahi terus apa yang kurang untuk menghadapi virus ini,” kata Jalaluddin.

Selain itu, tata cara pencegahan juga dilakukan dengan membagikan brosur kepada pasien.

“Ya semoga, Aceh amanlah dari virus ini. Kita berdoa, jauh-jauhlah musibah ini dari kita,” sebutnya.

Sebelumnya, Kementerian Kesehatan RI, menetapkan dua rumah sakit rujukan virus corona di Aceh yaitu Rumah Sakit Umum Zainal Abidin di Banda Aceh dan Rumah Sakit Umum Cut Meutia di Buket Rata, Kota Lhokseumawe.[]

Editor : Ihan Nurdin