Kadisdukcapil Langsa Imbau Warga Tunda Mengurus Administrasi Kependudukan

Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil), Kota Langsa, Drs H Ibrahim Latif MM, saat memantau masyarakat yang mengurus administrasi kependudukan, Rabu (18/3/2020). @ist

ACEHTREND.COM, Langsa – Akibat wabah virus corona (Covid-19) yang terus merebak, warga yang datang untuk mengurus KTP El dan administrasi kependudukan lainnya di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Langsa jadi berkurang. 

“Biasanya, setiap hari masyarakat yang mengurus KTP El dan administrasi kependudukan lainnya seperti kartu keluarga (KK), akte kelahiran, akte kematian, akte perceraian, surat pindah, dan lain sebagainya mencapai 200 sampai 300 orang per hari. Tetapi mulai beberapa hari ini sudah mulai  berkurang secara drastis,” sebut Kepala Disdukcapil Kota Langsa, Drs H Ibrahim Latif MM, kepada aceHTrend, Rabu (18/3/2020).

Mantan kepala Dinas Syariat Islam Kota Langsa ini mengimbau masyarakat agar lebih banyak memfokuskan diri pada ibadah, berzikir,  membaca Alquran, mendirikan salat berjamaah lima waktu di masjid, dan lebih banyak beraktivitas di dalam rumah, ketimbang mengurus KTP yang berkerumunan dengan orang banyak.

“Tunda dulu urusan KTP, kecuali menyangkut dengan BPJS, rumah sakit atau kepentingan yang urgen lainnya, ” ujarnya.

Bila wabah ini sudah reda baru diperkenankan lagi berbondong-bondong mengurus KTP dan keperluan administrasi kependidikan lainnya. Untuk sekarang ia meminta masyarakat bersabar.

“Mari kita waspada, tetapi jangan panik, virus vorona itu milik Allah Swt, kita juga milik Allah, akan kembali kepada Allah Swt. Maka kita berikhtiar, berdoa, dan mendekatkan diri kepada Allah Swt, dengan melaksanakan segala amar makruf dan nahi munkar, dan insyaallah kita husnulkhatimah,” katanya.[]

Editor : Ihan Nurdin