5 Hal yang Harus Dipersiapkan Saat Bisnis Trip

Ilustrasi @shutterstock

Bisnis trip atau perjalanan bisnis terkadang menjadi salah satu hal yang tidak bisa dihindarkan bagi Anda yang sudah terjun ke dunia usaha. Terlebih bagi Anda yang memiliki jabatan tinggi di sebuah perusahaan besar seperti manager, tentunya intensitas meeting ke luar kota akan menjadi lebih sering. Karena hal inilah akhirnya mengharuskan Anda sering terbang ke luar kota untuk melakukan bisnis trip.

Melakukan perjalanan bisnis memang sangat penting, namun tidak sedikit orang yang merasa ragu memulai perjalanan bisnis, terutama bagi yang bepergian seorang diri. Meskipun begitu, kini Anda tidak perlu khawatir, selama Anda bisa menyiapkan persiapan yang tepat maka dijamin perjalanan bisnis akan lancar Anda lakukan. Lantas, apa saya yang harus dipersiapkan saat melakukan bisnis trips? Mari simak ulasan berikut!

Mempelajari Lokasi Yang Ingin Dikunjungi

Apabila Anda ingin melakukan bisnis trip maka hal pertama yang harus Anda persiapkan ialah memahami dengan baik lokasi yang ingin Anda tuju saat bisnis trip. Umumnya, lokasi bisnis trip yang paling banyak dikunjungi memang kota-kota besar, meskipun begitu tidak semua kota mempunyai fasilitas publik yang lengkap dan memadai.

Oleh sebab itu,  sebaiknya Anda mempelajari terlebih dahulu lokasi yang ingin dikunjungi. Apalagi hal ini sangat berkaitan dengan mobilitas Anda selama berada di kota tersebut. Tidak hanya itu, guna memastikan bisnis trip yang Anda ingin lakukan berjalan dengan lancar dan tanpa hambatan, maka pastikan lokasi tersebut aman untuk dikunjungi.

Mengecek Kelengkapan Dokumen

Perlu diketahui, dokumen perjalanan menjadi hal yang tidak boleh Anda abaikan sebelum melakukan bisnis trip. Apabila Anda ingin melakukan bisnis trip keluar kota maka pastikan tiket perawa dan KTP sudah Anda siapkan sejak awal. Hal ini penting dipersiapkan agar dokumen penting tersebut tidak tercecer.

Selain itu, pastikan Anda sudah memilih transportasi yang digunakan, bagi Anda yang melakukan bisnis trip ke luar kota dan ingin menggunakan transportasi udara. Maka pemilihan armada Garuda Indonesia bisa Anda jadikan pertimbangkan. Apalagi saat ini untuk melakukan check in tiket pesawatnya sudah bisa Anda lakukan secara online di Traveloka. Untuk melakukan check in Online Garuda Indonesia di Traveloka juga terbilang mudah dan Anda hanya perlu mengikuti langkah-langkahnya saja untuk melakukan check in.

Menyiapkan Materi Presentasi 

Melakukan bisnis trip memang ada banyak hal yang perlu dipersiapkan dengan matang, salah satu materi presentasi. Materi presentasi menjadi hal penting yang perlu Anda persiapkan dengan baik dan sempurna. Pasalnya materi presentasi ini akan disampaikan kepada calon klien bisnis Anda. Oleh sebab itu, sebaiknya Anda menyusun materi presentasi sejak jauh-jauh hari dan juga mendiskusikan dengan para tim ahli di tempat Anda bekerja. Selain itu, jangan lupa membawa laptop serta gawai penting lainnya untuk memperlancar dan mempermudahkan kegiatan bisnis yang Anda lakukan.

Membawa Pakaian Seperlunya

Supaya bisnis trip yang Anda lakukan berjalan dengan lancar dan aman, pastikan Anda membawa pakaian seperlunya saja. Selain itu prioritaskan membawa pakaian formal, sebab saat melakukan bisnis trip kemungkinan Anda akan lebih banyak menghadirkan pertemuan resmi dengan para kliennya.

Meskipun begitu, Anda juga harus membawa pakaian kasual untuk bisa dikenakan saat menghadiri berbagai jamuan di sela-sela bisnis trip.

Melakukan bisnis trips memang semuanya perlu dipersiapkan secara matang. Untuk itu, ada baiknya Anda meminta daftar kegiatan selama melakukan bisnis trip. Hal ini berguna untuk memudahkan Anda memilih barang-barang yang perlu dibawa saat bisnis trip.

Memilih Penginapan Yang Tepat

Melakukan bisnis trip memang tidak semenyenangkan melakukan liburan. Bahkan kemungkinan Anda akan sangat lelah saat melakukan bisnis trip, karena meeting dari pagi sampai malam. Oleh sebab itu, penting bagi Anda memilih penginapan yang tepat dan nyaman untuk Anda tempati.

Pastikan Anda memilih tempat menginap yang dekat dengan fasilitas publik, termasuk transportasi umum. Mengenai penginapan yang tepat dan nyaman juga bisa dengan mudah Anda temukan melalui Traveloka. Sehingga Anda tidak perlu khawatir lagi mengenai penginapan yang sesuai kebutuhan dan budget yang ingin dikeluarkan.[]

Editor : Ihan Nurdin

KOMENTAR FACEBOOK