Ingin Menikah di Masa Pandemi Covid-19? Perhatikan Tiga Hal Ini

Aslam Hidayat

ACEHTREND.COM, Blangpidie – Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Lembah Sabil, Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) menerapkan tiga hal bagi calon pengantin yang akan melangsungkan akad nikah di masa merebaknya virus corona atau Covid-19.

Hal itu diungkapkan Kepala KUA Lembah Sabil, Aslam Hidayat, Jumat (20/3/2020) menindaklanjuti imbauan Kepala Kemenag Abdya, dr H Iqbal.

“Ada tiga hal yang perlu diperhatikan oleh calon pengantin (catin) yang melangsungkan pernikahan di masa covid-19 ini,” ujarnya.

Tiga hal tersebut katanya, sesuai dengan Surat Edaran Dirjen Bimas Kementerian Agama RI nomor P-002/JJ.III/HK.00.7/03/2020 tentang imbauan dan pelaksanaan protokol penanganan covid-19 pada area publik di lingkungan Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam.

Pertama, membatasi jumlah orang yang mengikuti prosesi akad nikah dalam satu ruangan tidak lebih dari sepuluh orang. Kedua, sebut sambungnya, catin dan anggota keluarga yang mengikuti prosesi harus telah membasuh tangan dengan sabun/hand sanitizer dan menggunakan masker.

“Ketiga, petugas, wali nikah dan catin laki-laki menggunakan sarung tangan dan masker pada saat ijab kabul,” ujar Aslam.

Di samping itu sebut Aslam Hidayat, untuk pencegahan penyebaran covid-19 pada pelayanan akad nikah di luar KUA, harus juga memperhatikan ruangan prosesi akad nikah yang digunakan.

“Kita akan melaksanakan di tempat terbuka atau di ruangan yang berventilasi sehat,” tuturnya.

Untuk sementara waktu, pihaknya akan meniadakan semua jenis pelayanan selain pelayanan administrasi dan pencatatan nikah di KUA yang berpotensi menjalin kontak jarak dekat serta menciptakan kerumunan.

“Misalnya, untuk bimbingan perkawinan bagi catin, konsultasi perkawinan, bimbingan klasikal dan sebagainya, untuk sementara kita hentikan,” pungkasnya.[]

Editor : Ihan Nurdin