1 PDP dari RSCM Aceh Utara Dirujuk ke RSUZA Banda Aceh

ACEHTREND.COM, Lhoksukon – Seorang pasien berstatus pasien dalam pengawasan (PDP) asal Kecamatan Tanah Jambo Aye, Kabupaten Aceh Utara yang sempat menjalani perawatan sebentar di Rumah Sakit Umum Cut Meutia (RSUCM) Aceh Utara dirujuk ke Rumah Sakit Umum Zainoel Abidin (RSUZA) Banda Aceh.

Juru Bicara Penanganan Covid-19 Pemerintah Kabupaten Aceh Utara, Andre Prayuda menyebutkan, pasien itu dibawa ke RSUCM, Senin sore (23/3/2020). Tak lama kemudian, langsung dirujuk ke RSUZA lantaran RSUCM Aceh Utara hanya memiliki dua ruang isolasi.

“Dari dua ruang isolasi itu ada satu pasien berstatus PDP yang sedang dirawat, tapi hingga saat ini kita sedang menunggu hasil swab dari Litbangkes Kementerian Kesehatan RI. Jadi untuk menghindari terinfeksi ke pasien itu, maka dirujuk ke RSUZA Banda Aceh,” katanya.

Dia menyebutkan, dari gejala yang dialami pasien itu sudah masuk dalam kategori PDP sesuai dengan SOP ditetapkan oleh pihak RSUCM.

Selanjutnya, untuk pasien PDP asal Aceh Tamiang yang dirawat di RSUCM kondisinya sudah stabil. Dari suhu panas dan saat cek darah sudah normal. Sedangkan untuk hasil swab pasien juga sedang dalam masa menunggu.

Andre menjelaskan, untuk menentukan hasil positif dan negatif harus dua kali dikirim sampelnya ke Litbangkes di Jakarta. “Untuk hasil pertama belum diterima hasilnya dan sampel kedua pasien itu juga sudah kita kirim ke Jakarta,” pungkasnya.[]

Editor : Ihan Nurdin