Mudahkan Warga Mencuci Tangan, Pemko Banda Aceh Pasang Wastafel Portabel di Area Publik

Wastafel portabel di Kantor Wali Kota Banda Aceh @ist

ACEHTREND.COM, Banda Aceh – Memaksimalkan salah satu upaya mencegah Covid-19 melalui cuci tangan yang bersih, Pemerintah Kota Banda Aceh membangun instalasi sederhana berupa wastafel portabel yang ditempatkan di sejumlah area publik. Dengan adanya wastafel ini memungkinkan warga untuk mencuci tangan sebelum dan sesudah beraktivitas secara cepat.

Instalasi tersebut terdiri atas rangkaian drum untuk menampung air, keran, dan wastafel yang diletakkan di atas besi penyangga, dirancang oleh tim teknis PDAM Tirta Daroy Banda Aceh.

“Beberapa hari lalu saya memerintahkan PDAM Banda Aceh untuk berkontribusi dalam membantu masyarakat agar tidak terpapar Covid-19,” demikian kata Wali Kota Banda Aceh, Aminullah Usman, melalui keterangan tertulis yang diterima aceHTrend, Selasa (24/3/2020).

Menurut Aminullah, hingga hari ini, sebanyak 12 instalasi serupa sudah selesai dikerjakan dan mulai dipasa di beberapa tempat di antaranya di depan RSUD Meuraxa, depan Mal Pelayanan Publik Pasar Atjeh Baru.

“Unit pencuci tangan itu juga akan dipasang di kawasan Pasar Peunayong. Ini baru tahap awal karena saya sudah minta PDAM untuk menyediakan lebih banyak lagi dari yang sudah ada ini,” kata Aminullah.

Wastafel di depan Pasat Atjeh Baru @ist

Direktur PDAM, T Novizal Aiyub, membenarkan bahwa PDAM Tirta Daroy, akan menyediakan instalasi cuci tangan itu lebih banyak lagi untuk beberapa hari ke depan. Terkait lokasi, Aiyub mengatakan bila masyarakat bisa menyampaikan saran kepada pemko mengenai tempat-tempat yang dianggap sangat membutuhkan.

“Sebaiknya, tempat yang disarankan adalah tempat yang banyak diakses publik, tetapi juga sekaligus ada sumber atau pipa air PDAM yang berdekatan dengan instalasi tersebut,” terang Aiyub.

Baik Aminullah maupun Aiyub sama-sama mengimbau masyarakat, khususnya yang berada di dekat instalasi tersebut agar menjaganya dengan baik. Warga juga diharapkan hanya menggunakan air di instalasi itu semata-mata untuk cuci tangan, bukan untuk kebutuhan yang lain.[]

Editor : Ihan Nurdin

KOMENTAR FACEBOOK