Dewan Nilai Rencana Pemkab Abdya Gunakan Dana Desa untuk Pencegahan Covid-19 Sudah Tepat

Anggota DPRK Abdya, Zulvan.

ACEHTREND.COM, Blangpidie – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya), Zulfan mengatakan, rencana Bupati Akmal Ibrahim menggunakan Dana Desa untuk penanggulangan virus corona atau Covid-19 di Kabupaten Abdya dinilai sudah tepat.

Hal itu kata Zulfan, sejalan dengan permintaan Presiden RI, Joko Widodo, yang meminta agar Dana Desa ikut diperbantukan dalam penanganan Covid-19.

“Menurut hemat kami, rencana Pak Bupati menggunakan Dana Desa itu sudah tepat, karena Presiden juga sudah meminta agar Dana Desa ikut disertakan dalam membantu penanggulangan wabah corona ini,” ungkap Zulfan kepada aceHTrend, Rabu (25/3/2020).


Menurut politisi Partai Gerindra itu, penggunaan Dana Desa itu bisa dimanfaatkan seperti untuk mengampanyekan pola hidup sehat dan lain sebagainya.

Apalagi katanya, lewat Permendesa Nomor 11 tahun 2019 tentang Pedoman Penggunaan Dana Desa 2020, secara eksplisit telah dijelaskan bila Dana Desa bisa digunakan untuk langkah pencegahan di bidang pelayanan sosial masyarakat desa.

“Artinya Permendes telah memberi peluang ke desa untuk bisa menggunakan Dana Desa untuk menjaga dan mencegah,” paparnya.

Zulfan juga berharap agar semua elemen masyarakat saling membahu dalam upaya pencegahan wabah corona ini.

“Kita meminta kepada masyarakat agar mendengarkan dan mematuhi instruksi dan juga imbauan pemerintah. Sebab mencegah lebih baik dari pada mengobati,” pungkas Zulfan.[]

Editor : Ihan Nurdin