Tim Gugus Penanganan Covid-19 Periksa Suhu Tubuh Penumpang yang Melintasi Abdya

ACEHTREND.COM, Blangpidie – Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Abdya akan memeriksa suhu tubuh penumpang angkutan umu, sopir truk, dan kendaraan lainnya saat memasuki wilayah Abdya. Pemeriksaan dilakukan di perbatasan Abdya-Aceh Selatan, tepatnya kawasan Jalan Nasional, Gampong Kayee Aceh, Kecamatan Lembah Sabil, Abdya.

Pantauan awak media, mobil yang melaju dari arah Aceh Selatan langsung diberhentikan oleh petugas. Para penumpang diminta turun dan menuju meja petugas kesehatan untuk dicek suhu tubuh mereka. Setelah itu baru diperkenankan melanjutkan perjalanan kembali.

“Suhu tubuh para penumpang perlu kita cek. Kemudian kita juga menanyakan dari mana mereka berasal, termasuk arah tujuannya,” ungkap Kepala Puskesmas Manggeng, Eddy Fitri, saat piket di Pos Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Abdya, di Lembah Sabil.


Eddy menyebutkan, jika ditemukan penumpang yang bersuhu tubuh mencapai 38 derajat celcius lebih, maka langsung dilaporkan ke pihak terkait untuk ditindaklanjuti.

“Kalau suhu tubuhnya tinggi, akan kita minta alamatnya, termasuk identitas yang bersangkutan untuk didata,” jelasnya.

Eddy menyebutkan, dari tadi malam hingga hari ini kondisi suhu tubuh para penumpang yang diperiksa, masih di bawah 38 derajat.

“Kita berharap masalah corona ini cepat berakhir,” harap Eddy.

Sementara itu, Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Abdya, Amiruddin menjelaskan, pos pemeriksaan suhu tubuh penumpang di perbatasan Abdya itu, kemungkinan akan beroperasi selama 68 hari ke depan atau sampai waktu yang ditentukan oleh pemerintah.

“Kita belum tahu kapan situasi corona ini akan kondusif. Kita berdoa saja semoga cepat berakhir,” paparnya.
Menurutnya, pos itu akan beroperasi selama 24 jam guna memantau perjalanan para penumpang yang masuk atau melintasi wilayah Abdya.

“Semua yang datang dari luar, akan diperiksa, mengingat wabah virus corona sudah masuk ke Indonesia. Meski Abdya belum ada pasien positif corona, tapi pemerintah pusat telah melakukan imbauan bersama, untuk mengantisipasi pencegahan wabah Covid-19 ini,” pungkas Amiruddin.

Editor : Ihan Nurdin