Warung Kopi dan Wahana Permainan di Aceh Utara Diimbau Tutup Sementara

Sekda Aceh Utara Abdul Aziz.

ACEHTREND.COM, Lhoksukon – Pemerintah Kabupaten Aceh Utara mengeluarkan surat imbauan yang ditujukan kepada masyarakat khususnya kalangan pengusaha untuk menutup sementara tempat-tempat keramaian seperti warung kopi, cafe, dan wahana permainan di wilayah setempat. Hal ini sebagai salah satu upaya untuk mencegah penyebaran virus Corona atau Covid-19 yang telah ditetapkan sebagai pandemi global oleh WHO.

“Kita minta pemilik usaha untuk mematuhi imbauan tersebut dan menutup sementara tempat keramaian, dengan tujuan mempercepat pencegahan penyebaran covid-19 ,” kata Sekda Aceh Utara, Abdul Aziz, kepada awak media, Kamis (25/3/2020).

Aziz mengatakan, petugas juga akan mengontrol agar larangan tersebut tidak dilanggar. Jika pun ada yang melanggar, maka pihak kepolisian dan Satpol PP akan melakukan tindakan tegas.

Sementara itu, bagi ASN dan tenaga kontrak apabila kedapatan berkumpul di tempat keramaian juga akan diberikan sanksi tegas berupa pemotongan tunjangan prestasi kerja (TPK) 100 persen. Sedangkan untuk tenaga kontrak akan dikenakan sanksi berupa pemutusan kontrak kerja.

“Pemilik usaha seperti kafé dan warung kopi hanya diperbolehkan melayani pembelian antar jemput,” katanya.

Bupati Aceh Utara Muhammad Thaib juga sudah membentuk tim satuan tugas untuk mengatasi penyebaran  virus corona di kalangan masyarakat.

Dia menyebutkan, selama ini tim tersebut sudah melakukan penyuluhan atau sosialisasi antisipasi penyebaran covid-19. Kemudian juga sudah mempersiapkan segala sesuatu untuk penyebaran informasi terkait penanganan virus corona, seperti dibentuknya Sekretariat Covid-19 yang berada di Kantor Bupati Aceh Utara dengan tujuan agar masyarakat mendapat informasi yang benar.

“Tim yang dibentuk itu untuk dapat memberikan informasi yang terarah kepada masyarakat dan diminta untuk jangan menerima informasi yang tidak benar terkait Covid-19, serta masyarakat juga harus mematuhi pentunjuk dari pemerintah agar tidak terpapar Covid-19,” pungkasnya.[]

Editor : Ihan Nurdin

KOMENTAR FACEBOOK