Jadi RS Rujukan Penanganan Covid-19, Dewan Minta Pemerintah segera Persiapkan Fasilitas RSU Meuraxa

Tati Meutia Asmara @aceHTrend/Hendra Keumala

ACEHTREND.COM, Banda Aceh – Komisi IV DPRK Banda Aceh meminta pemerintah agar segera mempersiapkan fasilitas untuk Rumah Sakit Umum (RSU) Meuraxa. Mengingat rumah sakit itu telah ditunjuk menjadi salah satu rumah sakit rujukan untuk menangani pasien Covid-19 di Banda Aceh.

“Pemerintah harus bertindak cepat mempersiapkan segala kekurangan di RSU Meuraxa, agar nanti ketika ada pasien yang dirujuk, kita sudah benar–benar siap,” kata Ketua Komisi IV, Tati Meutia Asmara, usai memantau gedung RSU Meuraxa yang baru, Kamis (26/03/2020).

Tati Meutia Asmara menjelaskan, RSU Meuraxa telah ditunjuk sebagai RS rujukan Covid-19, berarti ini sudah menjadi PR bersama untuk diperhatikan. Menurut amatannya di lapangan, RSU Meuraxa pada dasarnya belum memiliki fasilitas untuk menampung pasien Covid-19 ini.


Pertama dari sisi ruang isolasi yang belum ada, meski dari pihak rumah sakit telah melakukan beberapa usaha misalnya mempersiapkan ruang poli baru. Gedung ini berada di depan Kantor Mahkamah Syariah Banda Aceh yang akan digunakan sebagai ruang isolasi.

“Saya pikir ini dapat dipertimbangkan dan harus bergerak mempersiapkan fasilitas, terutama dari sisi penganggaran, agar teranggarkan secara signifikan, apa saja yang dibutuhkan di RSU Meuraxa, dan ini harus cepat saya pikir yang pertama untuk penyiapan ruang isolasi,” kata Politisi Partai Keadilan Sejahtera itu.

Kemudian tambahnya, melakukan pengadaan para medis, maupun tenaga medis dan tidak lupa bagaimana kesiapan dari alat pelindung diri bagi tenaga medis. Mengapa ini penting karena sudah barang pasti dengan kondisi kita ditunjuk menjadi rumah sakit Covid-19 ini menjadi sesuatu yang harus disiapkan bila mana terjadi pengiriman pasien meskipun bukan warga kota Banda Aceh ke RSU Meuraxa.

Menurutnya hal ini memang harus segera dan harus dilakukan tindakan cepat. Ia menegaskan, dari Komisi IV DPRK akan terus memantau perkembangan ini. Begitu juga sejauh ini pantauan di lapangan ruang poli baru masih dipenuhi rerumputan.

“Karena memang masih baru dan belum pernah dioperasikan jadi harus segera dilakukan beberapa persiapan agar RS Meuraxa benar-benar telah siap dengan sempurna untuk dijadikan rumah sakit rujukan. Penganggaran kita pikir akan menjadi hal yang mendesak untuk diperhatikan,” kata Tati Meutia Asmara.[]

Editor : Ihan Nurdin

KOMENTAR FACEBOOK