Pelayanan Langsung Tutup, Begini Cara KUA Blangpidie Layani Masyarakat

Khairul Huda

ACEHTREND.COM, Blangpidie – Kepala Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Blangpidie, Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) Khairul Huda mengatakan, pelayanan di KUA tersebut tutup untuk sementara waktu.

Hal itu menindaklanjuti surat edaran dari Menteri Agama tentang penyesuaian sistem kerja pegawai dalam upaya pencegahan penyebaran Virus Disease 2019 (Covid-19).

“Kebijakan ini sesuai dengan surat edaran Menteri Agama Nomor: SE. 4 Tahun 2020 tentang Perubahan Atas Surat Edaran Nomor: SE. 3 Tahun 2020 tentang penyesuaian sistem kerja pegawai dalam pencegahan penyebaran virus Disease 2019 (Covid-19),” ungkap Khairul Huda, Kamis (26/3/2020).


Meskipun pelayanan di kantor tutup untuk sementara sebutnya, pihak KUA tetap memberikan pelayanan administrasi nikah secara online.

“Karena kita semua kerja di rumah, maka kita punya inisiatif untuk memberikan pelayanan secara online,” paparnya.

Ia mengatakan, dalam pelayanan online tersebut, pihak KUA telah membuat grup WhatsApp (WAG) yang beranggotakan seluruh geuchik di wilayah KUA Kecamatan Blangpidie.

“Nanti itu geuchik akan mengirimkan foto berkas syarat nikah ke WAG kita, kemudian petugas dari KUA Blangpidie akan memverifikasi berkas tersebut,” jelasnya.

Setelah berkas itu diperiksa, Sambung Khairul Huda, pihaknya akan memberikan jawaban melalui WAG tersebut.

“Nikahnya baru dilaksanakan langsung, baik di kantor maupun di tempat yang ditentukan oleh calon pengantin,” ujarnya.

Khairul Huda menambahkan, untuk pernikahan yang akan dilaksanakan secara langsung, pihaknya membatasi tamu yang hadir saat ijab kabul.

“Saat ijab kabul kita membatasi tamu dan wali nikah hanya 10 orang saja,” pungkasnya

Ia juga meminta masyarakat untuk menghubngi nomor pelayanan online KUA Blangpidie di 085277133988 / 085337322264 bila ada keperluan.[]

Editor : Ihan Nurdin