Dana Desa di Singkil Dipangkas untuk Penanggulangan Covid-19

ACEHTREND.COM, Singkil – Para kepala desa di Kecamatan Singkil, Kabupaten Aceh Singkil sepakat mengalihkan peruntukan Dana Desa nonprioritas untuk penanganan wabah Covid-19.

Camat Singkil, Syafrizal, kepada aceHTrend, Sabtu (28/3/2020) mengatakan, peralihan anggaran desa tersebut dilakukan lewat penyisiran atau review anggaran.

Masing-masing desa katanya, menganggarkan sebanyak Rp172 juta. Kesepakatan ini diambil melalui musyawarah kepala desa dalam Kecamatan Singkil.


“16 Kepala desa di Kecamatan Singkil telah berkomitmen dan siap mengalihkan anggaran beberapa kegiatan untuk penanganan corona,” ungkap Camat Singkil.

Walaupun para kepala desa sudah berkomitmen, namun pihaknya masih berkoordinasi dengan pihak terkait sehingga langkah-langkah yang ambil sesuai dengan prinsip anggaran, tidak menyimpang, dan sesuai dengan regulasi yang ada.

“Kami berusaha hati-hati dalam me-review mana-mana anggaran desa yang bakal dipangkas. Kami tak ingin ada temuan,” ucap Camat.

Karena itu menurut Camat, penggunaan anggaran tersebut dan anggaran mana yang akan disisir atau dipangkas akan dimusyawarahkan di tingkat desa yang dipandu oleh pihak kecamatan.

Adapun nama desa-desa di Kecamatan Singkil yang berkomitmen mengalihkan anggaran desanya untuk membantu penanggulangan Covid-19, yaitu Desa Suka Damai, Pemuka, Ujung Bawang, dan Pea Bumbung.

Termasuk juga Desa Selok Aceh, Pulo Sarok, Teluk Ambun, Takal Pasir, Pasar, Ujung, Kilangan, Siti Ambia, Suka Makmur, Kuta Simboling, Teluk Rumbia dan Ranto Gedang.

Berkaitan dengan semakin merebaknya Covid-19, Syafrizal berharap agar warga Singkil selalu mengikuti imbauan pemerintah dan selalu mendekatkan diri pada Allah Swt.[]

Editor : Ihan Nurdin

KOMENTAR FACEBOOK