Kementerian PUPR Serahkan 50 Rumah Khusus Nelayan ke Pemkab Simeulue

Boat nelayan di Krueng Raya, Aceh Besar @aceHTrend/Ihan Nurdin

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Satuan Kerja Non Vertikal Tertentu (SNVT) Penyediaan Perumahan Provinsi Aceh melakukan serah terima pengelolaan sebanyak 50 unit rumah khusus (Rusus) untuk masyarakat nelayan di Desa Linggi, Kecamatan Simeulue Timur kepada Pemerintah Kabupaten Simeulue, Aceh.

Kepala SNVT Penyediaan Perumahan Provinsi Aceh Lilik Lastantyo Adiarso mengatakan, adanya 50 unit Rusus dengan tipe 28 tersebut diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan serta memberikan hunian yang layak bagi para nelayan di Aceh.

“Kami menyerahkan pengelolaan rumah khusus nelayan yang telah selesai pembangunannya ke Pemerintah Kabupaten Simeulue dengan rincian rumah tipe 28 kopel sejumlah 50 unit. Kami juga telah melengkapi kompleks rumah khusus tersebut dengan talud penahan tanah dan prasarana, sarana dan utilitas perumahan,” tuturnya dalam keterangan tertulis, Sabtu (28/3/2020).


Lilik menjelaskan, anggaran untuk pembangunan 50 unit Rusus nelayan tersebut berjumlah Rp 6,4 Milyar. Selain itu, pihaknya juga melengkapi kompleks perumahan bagi nelayan tersebut dengan prasarana dan sarana umum seperti jalan lingkungan, saluran dan jaringan air bersih dengan anggaran sebesar Rp 713 Juta.

Dia menambahkan, pembangunan Rusus tersebut dilaksanakan dalam rangka penanggulangan kemiskinan terutama pembangunan rumah layak huni bagi para masyarakat nelayan.

“Kami berharap Pemda dan nelayan yang menempati Rusus ini bisa fokus pada operasional dan pemeliharaan infrastruktur rumah dan sarana pendukung lainnya. Adanya serah terima ini juga diharapkan pemanfaatannya dapat maksimal dan sudah bisa dimanfaatkan serta segera dihuni, sehingga bangunan tidak terbengkalai,” ungkapnya.

Sementara itu, Bupati Simeulue Erli Hasim menyampaikan, pihaknya siap untuk memanfaatkan, memelihara dan menjaga infrastruktur bangunan yang diserahkan oleh SNVT Penyediaan Perumahan Provinsi Aceh. Pihaknya juga telah memobilisasi para nelayan agar segera menempati rumah rumah tersebut.

“Terima kasih atas bukti perhatian, komitmen dan konsistensi Kementerian PUPR melalui Dirjen Perumahan untuk membantu rakyat Simeulue dalam penyediaan rumah layak huni bagi masyarakat tidak mampu, khususnya masyarakat nelayan,” ujarnya.[] Sumber : Liputan6

Editor : Ihan Nurdin

KOMENTAR FACEBOOK