Efek Corona, Kajari Lhoksukon Gelar Sidang Secara Online

ACEHTREND.COM, Lhoksukon – Dampak wabah Covid-19, Kejaksaan Negeri (Kajari) Lhoksukon menggelar sidang online perdana melalui video conference agar tidak mengumpulkan banyak orang di dalam ruang persidangan, Senin (30/3/2020).

“Sidang perdana ini dilakukan dengan video conference dengan majelis hakimnya tetap di pengadilan, jaksa penuntut umum berada di Kantor Kajari Lhoksukon, dan terdakwa bersama kuasa hukum berada di rutan,” kata Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Aceh Utara, Pipuk Firman Priyadi, kepada awak media di ruang kerjanya, Senin (30/3/2020).

Dia menyebutkan sidang berjalan dengan lancar dan tidak ada kendala yang mana akan disidangkan sebanyak 20 perkara di hari pertama persidangan melalui media video conference tersebut.


Saat ditanya kendala melalui sidang online, dia menjelaskan tadi baru dilakukan uji coba terlebih dulu terkait penempatan suara kurang jelas, tapi setelah dicoba tidak ada kendala dan suara pun terdengar jernih baik dari pengadilan, kejaksaan, dan rutan.

“Persidangan ini dilakukan secara online hingga wabah virus corona ini reda dan bila memungkinkan dengan teknologi mendukung, tidak kemungkinan sidang seperti ini akan terus dijalankan, karena tidak merasa mengurangi rasa keadilan itu sendiri,” katanya.

Dia mengatakan untuk perkara tertentu baru harus dilakukan seperti biasanya, seperti pemalsuan surat, dan barang bukti seperti dokumen harus terverifikasi. Tapi untuk perkara sederhana masih sifat pembuktiaannya, pembacaan surat dakwaan, baca tuntutan pidana dari penuntut umum atau pembelaan dari kuasa hukum atau terdakwa tentu saja lebih sederhana dilakukan dengan sidang online.

“Tetapi mulai hari ini Kejari Aceh Utara sudah siap melaksanakan sidang online dengan membentuk ruangan tersendiri untuk sidang tersebut,” ujarnya.[]

Editor : Ihan Nurdin

KOMENTAR FACEBOOK