Pemkab Aceh Utara Manfaatkan Eks Shelter Rohingya untuk Karantina ODP

Peninjauan eks shelter Rohingya di Blang Adoe Kecamatan Kuta Makmur, Aceh Utara, Selasa, 31 Maret 2020 @aceHTrend/Mulyadi Pasee

ACEHTREND.COM, Lhoksukon – Pemerintah Aceh Utara memanfaatkan bekas shelter Rohingya di kawasan Gampong Blang Adoe, Kecamatan Kuta Makmur, Aceh Utara sebagai tempat karantina sementara pasien berstatus orang dalam pemantauan (ODP) Corona Virus Disease (Covid-19).

Untuk memastikan kesiapan shelter tersebut, Dandim 0103 Aceh Utara Letkol inf Agung Sukoco bersama Kajari Aceh Utara, Pipuk Firman Priyadi, siang tadi melihat langsung perkembangan persiapan lokasi dijadikan tempat penampungan pasien ODP.

Dandim 0103 Aceh Utara, Letkol inf Agung Sukoco mengatakan jika dilihat perkembangan persiapannya sangat bagus, bahkan sebelumnya juga sudah dilakukan pembersihan oleh TNI/Polri, Satpol PP, dan muspika setempat.


Disebutkan, shelter tersebut memiliki 25 pintu yang dapat menampung pasien ODP sekitar 50 orang. Nantinya Dinas Kesehatan Aceh Utara yang menentukan siapa yang harus dikarantina di shelter tersebut dan yang siapa yang harus dikarantina di rumah masing-masing. Hal itu dilakukan sesuai dengan SOP dan beberapa aspek yang dipertimbangkan.

“Ada pun fasilitas di tempat penampungan tersebut, yakni musala, MCK, air bersih, serta dapur umum, di mana nantinya mereka akan diberikan nasi bungkus,” kata Letkol Inf Agung Sukoco, selaku Penasihat Tim Pembentuk Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Aceh Utara.

Dia menambahkan, untuk tempat tidur seperti kasur, harus dibawa sendiri oleh pasien ODP karena mereka hanya menjalankan karantina selama 14 hari.

“Kalau emang nanti selama 14 hari itu tidak ada gejala-gejala yang menuju ke Covid-19, maka mereka akan dipulangkan dan kembali berkumpul dengan keluarga dan masyarakat di daerah masing-masing,” ujarnya.

Selain itu, tim kesehatan dari Dinkes, personel TNI/Polri, dan Satpol PP juga akan selalu disiagakan di tempat penampung tersebut.[]

Editor : Ihan Nurdin

KOMENTAR FACEBOOK