Pemerintah Aceh Siap Penuhi Kebutuhan Unsyiah Mempersiapkan Lab Uji Swab Covid-19

Juru Bicara Penanganan Covid-19 Aceh, Saifullah Abdulgani

ACEHTREND.COM, Banda Aceh – Pemerintah Aceh mendukung langkah Unsyiah yang sedang mengupayakan agar bisa melakukan uji swab Covid-19 di laboratorium yang mereka punya. Pemerintah Aceh akan mendukung apa pun kebutuhannya nanti demi mempercepat realisasinya.

“Kalau Unsyiah mendapatkan izin dari Kementerian Kesehatan untuk membantu percepatan penanggulangan Covid-19 di Aceh, itu sangat membantu. Jika selama ini swab harus dikirim ke Balitbangkes yang membutuhkan waktu sampai tujuh hari, tentu kita menyambut baik, jika memang Kemenkes RI memberikan izin,” kata Jubir Gugus Tugas Covid-19 Aceh, Saifullah Abdul Gani, saat dihubungi aceHTrend, Rabu (1/4/2020).

Baca: Unsyiah Berikan Rekomendasi untuk Cegah Corona, Termasuk Bersedia Ditunjuk sebagai Laboratorium Uji

Menurutnya, tentunya alat lab dan kemampuan sumber daya manusia di Unsyiah harus memenuhi syarat untuk melakukan uji swab Covid-19. Pemerintah Aceh pasti mendukung semua kebutuhan Unsyiah, hanya saja saat ini masih dalam proses pengusulan yang dilakukan Unsyiah.

“Tapi apa pun nanti yang dibutuhkan oleh Unsyiah, Pemerintah Aceh akan memenuhi segala kebutuhan itu,” sebut Saifullah.

Bahkan, lanjutnya, Pemerintah Aceh juga mendukung keberadaan Laboratorium Balitbangkes di Siron, Lambaro, Aceh Besar yang juga sedang dipersiapkan oleh Kementerian Kesehatan, sebagai tempat pengujian swab Covid-19 di Aceh.

“Kebetulan kita juga punya Litbangkes milik Depkes yang ada di Lambaro Aceh Besar. Yang selama ini mereka belum punya kewenangan, tapi saat ini izin dari Kementerian Kesehatan sudah ada. Tapi sebelum dilakukan uji swab Covid-9 itu, perlu adanya optimalisasi peralatan, dan pelatihan SDM-nya dulu,” katanya.

Dengan begitu tambahnya, kalau di Unsyiah juga dilakukan uji swab, akan lebih mendukung lagi percepatan penanganan Covid-19 tersebut di Aceh. Koordinasi yang dilakukan Pemerintah Aceh dengan Unsyiah cukup bagus.

Baca: Unsyiah Pastikan Siap Menjadi Tempat Pengujian Tes Covid-19

“Banyak hal masukan dari Unsyiah yang dikirim ke kita di posko Pemerintah Aceh, hasil-hasil penelitian dari Unsyiah itu bagus, kita lihat kemudian disikapi dengan baik, tentu apa pun yang sifatnya membantu percepatan penanganan Covid-19 ini,” katanya.

Sementara itu kata SAG, untuk stok APD di Aceh saat ini sudah memadai, meski belum masuk kategori cukup, tapi untuk sekarang ini sudah memadai. Kalau nanti Lab Balitbangkes di Lambaro dan Unsyiah sudah melakukan pengujian Covid-19, otomatis juga harus didukung dengan alat perlindungan diri yang optimum saat bertugas, maka juga dipersiapkan untuk itu.

“Ke depan, kita akan koordinasi itu dengan unsyiah apa kira-kira kebutuhan yang mendesak untuk didukung oleh Pemerintah Aceh, itu akan disikapi. Yang pasti, konstribusi Unsyiah sangat besar untuk percepatan penanggulangan Covid-19 di Aceh,” katanya.[]

Editor : Ihan Nurdin