Dayah Disarankan Gelar Pengajian Virtual Berbasis Internet

Kepala Dinas Pendidikan Dayah Aceh Usamah El-Madni.

ACEHTREND.COM, Banda Aceh – Dinas Pendidikan Dayah Aceh menyarankan kepada seluruh pimpinan dayah di Aceh yang saat ini berdasarkan Instruksi Gubernur Aceh Nomor 04/INSTR/2020 Tanggal 27 Maret 2020 Tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan dalam Masa Darurat Penyebaran Covid-19 di Wilayah Aceh, telah meliburkan proses belajar mengajar dan menggantikannya dengan kegiatan belajar dari rumah, agar tetap melaksanakan proses pengajian secara virtual.

Melalui Surat Nomor 451.44/28/2020 tanggal 1 April 2020 perihal Pengajian Virtual (pengajian Jarak Jauh) dengan Teknologi Video Converence, Kepala Dinas Pendidikan Dayah Aceh Usamah El-Madni meminta Kepala Dinas dayah kab/kota memfasilitasi kegiatan pengajian virtual santri dari rumah secara daring/online dengan berbagai opsi teknologi informasi yang tersedia di wilayah masing-masing.

Salah satu yang direkomendasikan Dinas Dayah Aceh ialah melalui aplikasi Zoom Cloud Meeting yang saat ini juga digunakan Pemerintah Aceh dan Dinas Pendidikan Dayah Aceh untuk melakukan rapat jarak jauh.

Menurut Usamah El-Madny, melalui aplikasi gratis ini atau aplikasi lainnya, para santri yang berada di rumah masing-masing dapat dengan mudah mengikuti pengajian yang diselenggarakan para guru di dayah dari tempat masing-masing sesuai jadwal yang ditetapkan dengan jumlah peserta pengajian di atas 100 orang lebih per sesi.

Usamah yakin metode pengajian dengan video converence ini sangat mungkin dilakukan pimpinan dayah di Aceh dengan beberapa pertimbngan.

Pertama, media pendukung aplikasi Zoom Cloud Meeting  dimiliki oleh mayoritas dayah dan santri di Aceh, yaitu telepon pintar berbasia android, laptop, atau komputer.

“Rata-rata santri dayah hari ini memiliki perangkat itu serta sangat menguasai dan familier dengan teknologi informasi seperti ini,” ujarnya melalui siaran pers, Kamis (2/4/2020).

Kedua, aplikasi ini gratis dan dalam satu sesi pengajian dapat diikuti lebih dari 100 orang. Memang pengajiannya bukan di balai seperti biasanya, tapi melalui aplikasi ini guru dan santri dapat berinteraksi secara langsung seperti hadir bersama di sebuah tempat, dapat saling menatap dan berbicara.

Ketiga, pengajian secara virtual ini sekaligus pesan verbal kepada semua pihak bahwa santri juga paham dan sangat menguasai teknologi informasi.

Keempat, bila para Abu/Abon/Abatai/Abiya/Walidi Pimpinan dayah se-Aceh sepakat menggelar pengajian secara virtual ini, maka kondisi libur pengajian dayah karena darurat Covid-19 bukan satu masalah. Melalui teknologi informasi dimaksud santri dayah Aceh dapat terus mengikuti proses pengajian sekalipun tidak berada di lokasi dayah dan berada di tempat yang berbeda-beda.

Usamah menambahkan, bila pengajian virtual ini dapat diselenggarakan sejumlah dayah di Aceh, maka diyakini sekalipun di masa libur santri sejumlah dayah secara jarak jauh akan mampu mengkonsolidasikan dengan baik aktivitas santrinya dengan baik selama 24 jam tidak ubah seperti konsolidasi langsung di dayah selama ini.

Usamah meminta Kadis Dayah kab/kota menyosialisasikan dan mengkomunikasikan saran pengajian virtual ini kepada para pimpinan dayah yang ada di Aceh.

“Kami meminta kawan-kawan dinas dayah kab/kota mengkomunikasikan wacana ini dengan baik kepada para pimpinan dayah di kab/kota. Ini sangat mungkin dilaksanakan karena aplikasinya gratis, teknologinya sederhana serta para santri sangat menguasainya,” kata Usamah.

Usamah juga menyampaikan bila kadis Dayah kab/kota atau pimpinan dayah se-Aceh dalam mengoperasionalkan aplikasi Zoom Cloud Meeting ini mendapat kesulitan silakan hubungi staf Dinas Dayah Aceh, Hidayatullah, melalui nomor kontak 0822 7954 0080.

Cara Unduh Zoom Cloud Meeting

 Aplikasi ini dapat diunduh dengan langkah sebagai berikut :

  1. Download aplikasi Zoom Cloud Meeting di https://zoom.us/ untuk desktop atau di aplikasi Playstore/Appstore untuk Handphone;
    1. Buka aplikasi Zoom Cloud Meeting;
    1. Kemudian Sign Up untuk membuat akun dan Sign In untuk masuk;
    1. Klik New Meeting untuk memulai;
    1. Klik Invite, kemudian Copy URL kirim ke grup/peserta meeting untuk join;
    1. Bagi peserta meeting Klik URL yang dibagikan, secara otomatis akan dialihkan ke aplikasi Zoom Cloud Meeting.[]

Editor : Ihan Nurdin