Tender Proyek Pemerintah Aceh Masih Tetap Jalan

Nova Janjikan Akan Hentikan Pelelangan Proyek yang Dibiayai APBA 2020

Plt Gubernur Aceh Ir Nova Iriansyah (Foto: Irwan Saputra/aceHTrend)

ACEHTREND.COM,Banda Aceh- Plt Gubernur Aceh Ir. Nova Iriansyah, sudah berkomitmen akan menghentikan proses tender pengadaan barang dan jasa paket proyek APBA 2020. Dana tersebut akan dialihkan untuk penanganan covid-19 yang kini sedang melanda Serambi Mekkah.

Komitmen itu dibuat oleh Nova Iriansyah, Senin (31/3/2020) ketika menggelar rapat terbatas bersama unsur Pimpinan DPRA yang dihadiri oleh Ketua DPRA Dahlan Jamaluddin, serta tiga wakilnya masing-masing Hendra Budian, Safaruddin dan Dalimi.

Kepada media, Dahlan mengatakan pada pertemuan tersebut pihaknya bersama eksekutif menyepakati beberapa hal, antara lain penanganan efek dari covid-19 berupa dampak sosial dan ekonomi di Aceh.


Menurut Dahlan, Nova mengatakan bahwa dana yang dibutuhkan untuk penangangan covid-19 sangatlah besar. Sementara itu dana yang tersedia hanya pada pos Belanja Tidak terduga (BTT).

“Atas dasar itulah kami di DPRA menggagas perubahan APBA 2020. Syaratnya proses tender yang sedang dilakukan harus dihentikan. Saat itu Plt Gubernur langsung setuju dan langsung pula menghubungi Plt Kepala ULP Aceh,” ujar Dahlan.

Dana yang ada di pos BTT tahun 2020 hanya Rp118 miliar. Dari total tersebut sudah terpakai 30 miliar Rupiah. Masih sangat besar dana yang harus tersedia dalam upaya menanggulangi serangan covid-19 di Aceh.

Dikutip dari Serambi Indonesia, secara terpisah Plt Gubernur Aceh, Nova Iriansyah, mengakui bahwa secara prinsip ia telah menghentikan proses tender proyek APBA 2020. “Secara prinsip sudah saya hentikan, (tetapi) teknisnya ada pada ULP (Unit Layanan Pengadaan),” katanya.

Kemarin sore Nova juga mengaku telah memberi pengarahan kepada Tim Anggaran Pemerintah Aceh (TAPA) untuk duduk dengan DPRA membahas tentang perubahan APBA 2020. “Teknis bisa ditanyakan kepada Sekda atau Bustami BPKA. Tadi sore saya sudah memberi pengarahan kepada TAPA untuk duduk dengan DPRA,” imbuh Plt Gubernur Aceh ini.

Sampai pukul 15.20 WIB, Jumat (3/4/2020) LPSE Aceh masih menayangkan proses pelelangan proyek yang bersumber dari APBA 2020. [aceHTrend]

Apa yang disampaikan oleh Nova Iriansyah sempat menjadi angin segar. Mengingat sudah belasan hari Pemerintah Aceh menghentikan aktivitas ruang publik, termasuk meliburkan sekolah, perkantoran, penutupan unit usaha masyarakat, serta dilanjutkan dengan pemberlakuan jam malam.

Tapi, kegembiraan publik hanyalah sementara saja. Pantauan sejumlah pihak, hingga Jumat (3/4/2020) Pemerintah Aceh melalui ULP masih saja menayangkan menayangkan paket tender proyek APBA tahun 2020. Hingga pukul 15.13 WIB, di situs LPSE Aceh masih tayang proyek tender maupun yang bersifat pengadaan langsung.

Juru Bicara Pemerintah Aceh Saifullah Abdulgani (SAG) yang dimintai keterangannya pada Rabu (1/4/2020) sekitar pukul 21.14 WIB, meminta waktu. Dia akan melakukan koordinasi kepada pihak ULP.

“Tunggu sebentar ya, saya akan tanyakan dulu kepada Plt Kepala ULP,” kata Saifullah.

Akan tetapi, hingga Kamis (2/4/2020) SAG mengaku belum mendapatkan jawaban dari pihak-pihak yang dihubunginya. “Belum ada jawaban,” kata SAG singkat. []

KOMENTAR FACEBOOK