Keluarkan Instruksi Baru, Wali Kota Lhokseumawe Batasi Jam Buka Tempat Usaha

Wali Kota Lhokseumawe Suaidi Yahya

ACEHTREND.COM, Lhokseumawe – Pemerintah Kota Lhokseumawe kembali mengeluarkan instruksi baru untuk masyarakat dan pelaku usaha. Pemerintah meminta masyarakat yang keluar rumah harus menggunakan masker dan tidak keluar kecuali karena keadaan mendesak.

Dalam imbauan itu, Wali Kota Lhokseumawe, Suaidi Yahya juga meminta masyarakat untuk menjaga jarak dan sering mencuci tangan dengan sabun sesering mungkin. Sedangkan kepada pemilik warung kopi, kafe, dan restoran diminta agar mengatur jarak kursi sekitar 1,5 meter, sesuai protokol pencegahan virus Corona atau Covid-19.

“Kita izinkan buka usaha, tetapi tempat duduk harus jaraknya 1,5 meter dan semalam sudah kita lakukan razia,” kata Wali Kota Lhokseumawe, Suadi Yahya, kepada awak media, Selasa (7/4/2020).

Suadi juga menegaskan setiap pelaku usaha memberikan sosialisasi dan penyuluhan kepada karyawan dan pengunjung untuk tetap menggunakan masker dan tempat cuci tangan. “Terkait ini sudah kita lakukan rapat dengan Muspida Plus Kota Lhokseuamwe,” katanya.

Selain itu, Pemko Lhokseumawe dalam surat bernomor 11/2020 tentang Pencegahan Penyebaran Virus Corona yang dikeluarkan pada 6 April 2020 yang ditandatangani oleh Wali Kota, Suaidi Yahya, juga memberlakukan pembatasan jam operasional tempat usaha hingga pukul 23.00 WIB.

“Surat tersebut sudah kita kirim ke geuchik gampong dan pelaku usaha,” katanya.

Suaidi menegaskan pelaku usaha yang tidak mengindahkan instruksi tersebut maka kita cabut izin operasionalnya.

Dia menyebutkan, hasil evaluasi sejak dua hari terakhir pascacabut jam malam, masyarakat mulai menumpuk di warung kopi. Bahkan duduk berdekatan, sehingga dikhawatirkan berpotensi terjadi penyebaran virus corona.

“Saya minta instruksi ini dipatuhi dengan rasa tanggung jawab untuk kebaikan kita semua,” pungkasnya.[]

Editor : Ihan Nurdin