DPRK Banda Aceh Sosialisasikan Penggunaan Masker di Kawasan Ulee Kareng

ACEHTREND.COM, Banda Aceh – Pimpinan Dewan Perwakilan Rakyat Kota Banda Aceh bersama Komisi II dan anggota DPRK Dapil III Kecamatan Syiah Kuala dan Ulee Kareng menyosialisasikan penggunaan masker bagi masyarakat dan pedagang ketika beraktivitas di luar rumah. Kegiatan sosialisasi dilakukan di Pasar Ulee Kareng, Banda Aceh, Rabu (08/04/2020).

Ketua DPRK Banda Aceh, Farid Nyak Umar, di sela-sela kegiatan sosialisasi tersebut mengatakan, penggunaan masker saat beraktivitas di luar rumah merupakan cara efektif untuk mencegah penyebaran Covid-19.

Selain itu, Farid juga menyampaikan, saat ini DPRK sudah sepakat dengan Wali Kota Banda Aceh untuk menggunakan dana pengalihan dari anggaran DPRK sebesar Rp1,2 miliar, di mana 1 miliar dari anggaran tersebut digunakan untuk membelikan masker kurang lebih 70 ribu masker untuk dibagikan kepada seluruh warga Banda Aceh.

“Ini merupakan salah satu cara kita mengajak semua warga kota untuk membiasakan menggunakan masker di masa darurat pencegahan Covid-19 di Kota Banda Aceh,” kata Farid Nyak Umar, yang didampingi Wakil Ketua I Usman, Wakil Ketua II Isnaini Husda, dan Ketua Komisi II Aiyub Bukhari.

Di sela-sela kegiatan sosialisasi turut juga hadir anggota DPRK Banda Aceh lainnya, Wakil Ketua Komisi I Irwansyah, anggota Komisi I Tuanku Muhammad, dan anggota Komisi IV, Kasumi Sulaiman. Para Dewan dari kota Banda Aceh juga ikut membagikan-bagikan ratusan masker ke pedagang di pasar Ulee Kareng, Banda Aceh.

Para pedagang di seputaran pasar Ulee Kareng sangat antusias ketika rombongan DPRK Banda Aceh saat tiba di lokasi.

Usai melakukan sosialisasi penggunaan masker, para legislator Kota Banda Aceh ini mengunjungi UPTD Puskesmas Ulee Kareng untuk memastikan fasilitas kesehatan terkait penanganan Covid-19 seperti tempat cuci tangan portabel.

Kemudian memastikan SOP pasien yang ingin dilayani cek kesehatannya seperti alat pengukur suhun dan yang lebih penting memastikan APD yang digunakan oleh tenaga medis memenuhi standar saat bertugas.

“Kita berkunjung ke fasilitas kesehatan masyarakat seperti puskesmas ini untuk membantu kebutuhan puskesmas terkait penanganan Covid-19, sekaligus memastikan pelayanan dinas terhadap puskesmas,” kata Wakil Ketua II, Isnaini Husda.[]

Editor : Ihan Nurdin