Langgar Aturan Social Distancing, Wali Kota Lhokseumawe Tutup Sementara Empat Kafe Ini

ACEHTREND.COM, Lhokseumawe – Tim gabungan terdiri atas personel Pemerintah Kota Lhokseumawe, Kepolisian, dan TNI melakukan razia di seluruh kafe di Kota Lhokseumawe, Sabtu malam (11/4/2020). Razia itu menindak anjuti instruksi yang dikeluarkan Wali Kota Lhokseumawe terkait aturan social distancing setelah pascacabut pemberlakuan jam malam.

“Saat dilakukan razia bersama pejabat muspida plus, ditemukan kafe tidak membuat jarak antara satu meja dengan meja lainnya dengan jarak 1,5 meter,” kata Kepala Hubungan Masyarakat Kota Lhokseumawe, Marzuki, saat dikonfirmasi awak media, Minggu (12/4/2020).

Dengan demikian katanya, ada empat kafe yang melanggar aturan penerapan social distancing (pembatasan sosial) selama virus corona, yakni Coffe Time, Sovt Coffe, Beje Kupi, dan Stasiun Coffe.

Dia menjelaskan saat itu juga kedapatan para pengunjung sangat ramai tapi tidak menjaga jarak. Selain itu, pemilik usaha juga tidak menyediakan wadah pencuci tangan dan hand sanitizer serta tidak mengenakan masker.

“Semua pengunjung dibubarkan dan disuruh pulang setelah membayar, padahal sudah diingatkan, agar mereka mengikuti aturan yang sudah dikeluarkan,” kata Marzuki.

Pemilik usaha itu diminta untuk mendatangi Kantor Perizinan Terpadu Satu Pintu Lhokseumawe untuk membuat surat pernyataan kesediaan mengikuti aturan tersebut pada Senin, 13 April 2020.

“Setelah itu baru bisa buka lagi warungnya, tentu mengikuti aturan yang sudah ditetapkan. Jika selama penutupan sementara masih juga bandel membuka warung, maka izin operasionalnya kita tutup permanen,” pungkasnya.[]

Editor : Ihan Nurdin