Warga Berstatus ODP di Aceh Utara Menurun Drastis

Kepala Dinas Kesehatan Aceh Utara, Amir Syarifuddin. @aceHTrend/Mulyadi Pasee

ACEHTREND.COM, Lhoksukon – Jumlah orang dalam pemantauan (ODP) corona Covid-19 di Kabupaten Aceh Utara dari sebelumnya 108 orang berkurang drastis hingga tersisa 26 orang per hari ini, Rabu (12/4/2020).

Kepala Dinas Kesehatan Aceh Utara, Amir Syarifuddin, menuturkan ada pengurangan ODP sebanyak 82 orang.

Ia juga mengatakan, orang yang berstatus ODP itu adalah mereka yang baru kembali dari luar negeri maupun luar daerah dan tersebar di 27 kecamatan di Aceh Utara.

“Hasil tracking tim surveilence terhadap ODP di 27 kecamatan menunjukkan adanya ODP yang telah melewati masa karantina mandiri 14 hari dan tetap sehat tanpa adanya keluhan,” kata Amir Syarifuddin kepada awak media, Minggu (12/4/2020).

Amir menyebutkan, total 108 ODP tersebut sebar di 27 kecamatan, sementara 26 di antaranya dalam proses pemantauan dan 82 lainnya selesai pemantauan.

“Saat ini ada 23 ODP menjalankan karantina di rumah masing-masing, termasuk 10 TKI pulang dari Malaysia dan 3 ODP dikarantina di eks shelter Rohingya Blang Adoe, Kecamatan Kuta Makmur yang disediakan pemerintah,” katanya.

Lanjutnya, semua ODP yang karantina mandiri di rumah dalam pengawasan dan pemantauan petugas puskesmas dan aparat gampong masing-masing selama 14 hari ke depan.

“Sementara jumlah self monitoring saat ini mencapai 1.778 orang,” katanya.

“Kita imbau kepada setiap warga yang pulang dari luar daerah dan negeri untuk melapor ke kepala desa, hal itu untuk kebaikan kita bersama,” pintanya.[]

Editor : Ihan Nurdin