Aceh Utara Terima Bantuan Sembako Sebanyak 5.324 Paket dari Dinsos Aceh

@aceHTrend/Mulyadi Pasee

ACEHTREND.COM, Lhokseumawe – Pemerintah Aceh melalui Dinas Sosial Aceh mendistribusikan sebanyak 5.324 paket bantuan sembako kepada masyarakat Aceh Utara yang terdampak virus corona atau Covid-19.

Bantuan itu diserahkan langsung oleh Kepala Dinas Sosial Aceh, Al Hudri, dan diterima oleh Bupati Aceh Utara, Muhammad Thaib, di halaman Pendopo Bupati Aceh Utara di Kota Lhokseumawe, Kamis (16/4/2020).

“Bantuan sebanyak 5.324 paket itu sesuai dengan jumlah penerima di Aceh Utara,” kata Kepala Dinas Sosial Aceh, Al Hudri kepada awak media.

Al Hudri menjelaskan, untuk tahap ini bantuan diserahkan itu berupa barang, tapi ke depannya bantuan akan diberikan uang tunai yang akan dikirimkan langsung ke rekening penerima.

“Saat ini kita menunggu data lengkap penerima, selanjutnya kita akan menyalurkan kembali bantuan uang tunai yang dikirim melalui rekening penerima. Namun, seberapa besar bantuan itu nantinya sesuai dengan anggaran yang ada.”

Al Hudri menambahkan, adapun bantuan yang diterima setiap kepala keluarga nanti, yakni satu karung beras, 2 kg gula pasir, 2 liter minyak goreng, empat kaleng sarden, satu kotak mi instan. Dia menjelaskan bantuan itu di luar penerima Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT).

“Bantuan itu nantinya akan diantar langsung oleh tim relawan ke rumah warga karena tersedia biaya penyaluran bantuan itu sebesar Rp5.000 per kartu keluarga,” katanya.

Al Hudri menegaskan bantuan itu harus disalurkan tepat sasaran dan diberikan kepada yang berhak menerimanya. Selain itu, bantuan itu direncanakan langsung didistribusikan ke masyarakat oleh Dinas Sosial Aceh Utara.

Sementara itu, Bupati Aceh Utara, Muhammad Thaib menyebutkan jumlah masyarakat terdampak sekitar 600 ribu, tapi yang terbantu hanya 5 ribu lebih.

Dia menjelaskan pihaknya sangat yakin bantuan itu akan tempat sasaran. Meskipun bantuan diberikan ini belum mencukupi dengan jumlah penduduk di Aceh Utara.

“Saya sangat yakin, bantuan itu nanti langsung akan sampai di depan rumah penerima nantinya,” pungkasnya.[]

Editor : Ihan Nurdin