Mantan Ketua DPRK Aceh Utara Kembalikan Mobil Dinas

ACEHTREND.COM, Lhoksukon – Mantan ketua DPRK Aceh Utara Periode 2014-2019, Ismail A Jalil, atau sering disapa Ayah Wa, akhirnya mengembalikan mobil dinas jenis Toyota Fortune yang selama ini masih dipakainya meskipun sudah tidak lagi menjadi anggota dewan. Mobil tersebut dikembalikan ke Sekretariat DPRK Aceh Utara, Jumat (17/4/2020). Ia juga membantah bila menguasai dua unit mobil dinas.

Ayah Wa mengatakan, mobil dinas yang ada pada dirinya hanya satu unit yakni Toyota Fortune, sedangkan mobil Toyota Avanza sudah dikembalikan langsung setelah dilakukan pelantikan ketua DPRK Aceh Utara yang baru.

“Satu unit Mobil Toyota Avanza itu langsung saya kembalikan setelah Arafat Ali dilantik sebagai Ketua DPRK Aceh Utara, sedangkan Toyota Fortune juga sudah saya kembalikan,” kata Ayah Wa saat dikonfirmasi awak media, Jumat malam (17/4/2020).

Ayah Wa menjelaskan, terkait mobil dinas Toyota Fortune yang belum dikembalikan, itu karena dirinya sedang menunggu kebijakan bupati, di mana ketua atau pimpinan DPRK habis masa jabatan atau masa bakti lima tahun diberi penghargaan berupa mobil.

Lanjutnya, sesuai Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 18 tahun 2017 bahwa anggota dewan tidak diberikan mobil, melainkan diberikan uang rental mobil, sedangkan ketua dan pimpinan dewan tidak diberikan uang sewa karena diberikan mobil dinas.

“Terkait itu, apakah ada kebijakan bupati memberi penghargaan kepada ketua atau pimpinan dewan,” katanya.

Dia juga menjelaskan, sebelum Muhammad Thaib atau Cek Mad menjabat Bupati Aceh Utara, ketua dewan sebelumnya yang menjabat selama lima tahun diberikan penghargaan berupa mobil oleh pemerintah.

Dia juga menjelaskan, terkait mobil dinas yang belum dikembalikan selama ini, karena dirinya menunggu kebijakan bupati, apakah diminta dikembalikan, dilelang, atau melalui proses idem.

“Jikapun nanti diberikan, buka diberi gratis melainkan dilelang, intinya semua itu ada prosedur dan  tergantung kebijakan Bupati Aceh Utara,” katanya.

Ayah Wa juga menegaskan dirinya bukan ingin menguasai mobil dinas tersebut, tapi menunggu kebijakan dari bupati.

“Mobil dinas yang ada sama saya itu hanya satu unit Toyota Fortune. Sedangkan mobil Toyota Avanza itu sekarang di Ketua DPRK Aceh Utara,” ujarnya.

Sementara itu, Petugas Barang Pengguna Sekretariat DPRK Aceh Utara,  Alminur, membenarkan mantan ketua DPRK Aceh Utara Periode 2014-2019, Ismail A Jalil sudah mengembalikan mobil dinas.

“Mobilnya langsung yang bersangkutan yang kembalikan,” kata Almunir kepada awak media saat dikonfirmasi via telepon, Sabtu (18/4/2019).[]

Editor : Ihan Nurdin