Kadinsos Aceh: Penerima Paket Sembako Covid-19 di Luar Penerima PKH dan BPNT

ACEHTREND.COM,Idi – Pemerintah Kabupaten Aceh Timur menerima 3.364 paket pangan dari Pemerintah Aceh untuk disalurkan kepada masyarakat miskin setempat yang perekonomiannya terdampak akibat mewabahnya virus corona atau Covid-19.

Ribuan paket tersebut diantar oleh Kepala Dinas Sosial Aceh, Alhudri, yang diterima langsung oleh Bupati Aceh Timur Hasballah HM Thaib di halaman kantor bupati setempat, Selasa (21/4/2020).

Alhudri dalam sambutannya mengatakan, paket pangan untuk masyarakat miskin terdampak Covid 19 ini jangan disalahgunakan atau memberikan kepada yang tidak berhak menerima.

Kata Alhudri, paket itu diperuntukkan kepada masyarakat di luar penerima Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) dan bantuan sosial Program Keluarga Harapan (PKH). Tujuannya agar bantuan yang diterima masyarakat merata.

Alhudri menambahkan, menurut data Badan Pusat Statistik (BPS) 2019, jumlah penduduk miskin di Kabupaten Aceh Timur berjumlah 62.739 dari jumlah total penduduk sebanyak 436.081 setelah diakumulasi jumlah penerima bantuan dari BPNT, PKH dan paket pangan akibat wabah Covid-19, ada sebanyak 128.828 ribu jiwa masyarakat Aceh Timur yang telah dibantu pemerintah. Hal itu belum terhitung bantuan yang diterima dari alokasi anggaran daerah Aceh Timur Sendiri.

“Kami dari Pemerintah Provinsi Aceh menyalurkan paket ini berdasarkan usulan nama yang diajukan oleh bupati/wali Kota yang tertuang dalam surat keputusan (SK), maka dari itu, jika ada temuan di lapangan, maka tanggung jawab pemangku kebijakan di tingkat daerah,” katanya.

Dalam kesempatan itu, Alhudri, juga mengajak aparat penegak hukum di Aceh Timur agar melakukan pengawalan ketat saat proses penyaluran sehingga tidak terjadi penyelewengan di lapangan.

“Buntuti setiap relawan yang mengantar paket sembako ini ke setiap rumah, agar tidak terjadi penyelewengan,” tegas Alhudri. []